Wednesday, April 24, 2024
HomeAlutsistaRudalVympel R-73 Alias AA-11 Archer, Rudal Udara ke Udara Sukhoi TNI AU

Vympel R-73 Alias AA-11 Archer, Rudal Udara ke Udara Sukhoi TNI AU

Aksi R-73 / AA-11 Archer lainnya terjadi sewaktu perang Ethiopia – Eritrea sekitar 1998-2000. 4 MiG-29 milik AU Eritrea berhasil di tembak jatuh oleh Sukhoi Su-27 AU Ethiopia dengan rudal R-73 ini dalam sebuah dogfight 2 Flanker melawan 4 Fulcrum.

Selain itu, MiG-29 AU Russia juga pernah mempergunakan R-73 untuk menembak drone Hermes 450 buatan Elbit Israel milik AU Georgia pada tanggal 18 Maret 2008.

Rudal R-73/AA-11 Archer ini dikembangkan oleh Biro Desain Vympel Machine Building asal Rusia. R-73 diperkirakan mulai operasional sekitar tahun 1984. Awalnya pihak Barat meragukan kemampuan rudal ini. Maklum saja, pendahulunya AA-2 Atoll dan AA-8 Aphid dianggap punya kemampuan payah. Kuncian rudal tadi bisa mudah dipatahkan dengan manuver ekstrem. Cukup berbelok mendadak maka sengatan Atoll bisa dihindari.

BACA JUGA :  Rusia dan AS Saling Tuduh Soal Senjata Prompt Global Strike (PGS) Yang Mematikan
Sukhoi 27 TNI AU dengan R-73 Training Missile; Perhatikan 3 strip di rudal putih.
Sukhoi 27 TNI AU dengan R-73 Training Missile; Perhatikan 3 strip di rudal putih.

Namun rupanya Rusia diam-diam berpikir keras buat mengembangkan rudal udara-udara jarak pendek yang lebih mumpuni. Pihak Barat baru menyadari keampuhan hasil rekayasa ini ketika jerman Barat dan Timur bersatu. Sejumlah rudal R-73 eks AU Jerman Timur yang biasa dipasang pada sayap jet MiG-29 Fulcrum AU Jerman dibedah.

Kesimpulan yang didapat Barat sungguh mencengangkan. Karakter R-73 ternyata lebih unggul ketimbang Sidewinder sejaman waktu itu. Di atas kertas, bila kecanggihan tipe dan kemahiran awak jet tempur sama, maka R-73 lebih efektif melahap sasaran dibanding Sidewinder tipe awal.

BACA JUGA :  [VIDEO] Sukhoi T-50 PAK FA Ujicobakan Meriam Otomatis 30mm

Thrust vectoring Rudal R-73

Kesimpulan analis pertahanan Barat bukanlah isapan jempol belaka. Data teknis yang didapat kemudian dibeberkan dalam jurnal teknis tertentu. Disebutkan, R-73 punya sistem pemandu |seeker) paling yahud di kelas rudal udara-udara jarak pendek di era 90-an. Sistem ini didukung dengan keampuhan hulu ledak berbobot 7,5 kg. Tingginya sudut peluncuran (high-off Foresight launch) juga jadi nilai plus lain.

Agar makin ampuh, rudal bisa saja dihubungkan dengan helm bersistem pengincar atau HMS (helmet-mounted sight). Dengan sistem HMS maka pilot MiG-29 Jerman bisa mengunci dan meluncurkan R-73 pada target yang berada di sisi samping pesawat cukup dengan menengok ke arah sasaran. Kemampuan macam tadi dianggap bakal jadi trend pertempuran udara masa depan.

BACA JUGA :  Kapal Induk Rusia Akan Ditempatkan Di Suriah

Dari deretan kemampuan yang disebutkan tadi, ada satu teknologi yang dianggap inovatif. Rudal R-73 dilengkapi dengan pengarah daya dorong aktif alias thrust vectoring. Dengan inovasi tadi maka kelincahan manuver rudal bisa ditingkatkan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

59-kurdistan-berhasil-cegah-serangan-isis-dekat-mosul

Kurdistan Berhasil Mencegah Serangan ISIS Di Dekat Mosul

0
Hobbymiliter.com - Belasan militan ISIS berhasil dibunuh dan beberapa diantaranya mundur setelah bertarung dalam pertempuran mematikan melawan Peshmerga, tidak jauh dari Mosul. Sembari menunggu pasukan Irak...

Recent Comments