Tuesday, March 26, 2024
HomeAlutsistaRudalVympel R-73 Alias AA-11 Archer, Rudal Udara ke Udara Sukhoi TNI AU

Vympel R-73 Alias AA-11 Archer, Rudal Udara ke Udara Sukhoi TNI AU

Vympel R-73 Alias AA-11 Archer, Rudal Udara ke Udara Sukhoi TNI AU – HobbyMiliter.com – Sudah sejak 2003 Sukhoi Su-27SK dan Su-30MK memperkuat angkatan udara kita. Banyak pilihan senjata bagi kedua varian pesawat tadi salah satunya rudal R-73 (AA-11 Archer).

Julukan “macan ompong” sudah pasti akan melekat jika sebuah jet tempur suatu negara tak dilengkapi senjata. Kenyataan yang menyakitkan tadi memang pernah terjadi pada empat jet tempur asal Rusia Flanker batch pertama yang hadir di bumi pertiwi ini. Maklum, urusan rudal dan bom waktu itu belum masuk dalam paket pembelian.

BACA JUGA :  Turki Bangun Pangkalan Militer Pertama Di Afrika

Tapi jangan keburu berburuk sangka. Sebab soal senjata bagi armada jet Sukhoi, ternyata akhirnya tetap dibeli di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono beserta tambahan pesawat yang akhirnya lengkap 1 Skadron dan beberapa set mesin cadangan.

Salah satu tipe senjata yang akhirnya diakuisisi untuk kebutuhan Sukhoi TNI AU adalah rudal udara-udara jarak sedang R-77 (AA-12 Adder); rudal udara-permukaan Kh29; dan rudal udara-udara jarak pendek R-73 (AA-11 Archer).

Tipe terakhir yang disebutkan tadi tak lain merupakan padanan rudal AIM-9 Sidewinder, rudal udara-udara jarak pendek legendaris asal Amerika Serikat.

BACA JUGA :  Rusia: Turki Langgar Aturan Pakta Penerbangan Internasional

R-73 Tandingan Sidewinder

Soal kekondangan, jelas rudal R-73 belum bisa disandingkan dengan AIM-9 Sidewinder. Cuma jangan salah sangka. Ibarat pendekar yang lama bertapa menimba ilmu silat di gunung, R-73 sebenar-nya punya segudang jurus ampuh buat merobohkan lawan. Hanya saja selama perang dingin masih berlangsung, kesaktian itu tertutup kabut misteri.

Foto pak Reza Habibie ini memperlihatkan rudal R-73 dibawa oleh Flanker TNI AU
Foto pak Reza Habibie ini memperlihatkan rudal R-73 dibawa oleh Flanker TNI AU

Walaupun begitu, tercatat sudah ada beberapa pesawat yang menjadi korban rudal R-73 / AA-11 Archer ini. Pada tanggal 24 Februari 1996, AU Kuba yang men-scramble-kan MiG-28UB dan MiG-23 untuk mencegat 3 pesawat asing yang masuk ke wilayahnya.

BACA JUGA :  Prajurit Satran Koarmada II Latihan Pemantapan Pengetahuan Deteksi Bawah Air

MiG-29 AU Kuba tersebut akhirnya berhasil menembak jatuh 2 buah pesawat Cessna 337 SkyMaster milik LSM Brothers to The Rescue sedikit di wilayah udara internasional sedikit diluar wilayah Kuba. 3 pesawat tersebut pada awalnya sedang menyebarkan famlet diatas wilayah Kuba.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

30-prancis-perbanyak-pengadaan-helikopter-pengangkut-taktis-nh90-tth

Prancis Perbanyak Pengadaan Helikopter Pengangkut Taktis NH90-TTH

0
Hobbymiliter.com - Pihak militer Prancis terus melanjutkan pembangunan armada helikopter pengangkut taktis NH90-TTH mereka, dengan memesan enam unit tambahan lagi. Pemesanan ini ditujukan oleh badan pengadaan...

Recent Comments