Wednesday, March 27, 2024
HomeBerita MiliterBerita Militer IndonesiaPusat Informasi Data Hidrografi Canggih Milik TNI AL Mendapat Pengakuan Global

Pusat Informasi Data Hidrografi Canggih Milik TNI AL Mendapat Pengakuan Global

Pusat Informasi Data Hidrografi Canggih Milik TNI AL Mendapat Pengakuan Global – HobbyMiliter.com – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menerima penghargaan khusus GIS untuk Pusat Informasi Data Hidrografi (HDC) modern yang dimilikinya. HDC ini menyediakan akses data hidrografi dan oseanografi kepada masyarakat dan perusahaan-perusahaan perkapalan.

Menyisihkan lebih dari 300.000 organisasi di seluruh dunia, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal)  menerima penghargaan yang diberikan oleh Jack Dangermond, pendiri sekaligus CEO dari perusahaan pemetaan terkemuka di dunia, Esri.

BACA JUGA :  Singapura Kerahkan MV Swift Rescue Bantu Cari KRI Nanggala

Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas inovasi Pushidrosal dalam menggunakan teknologi Geographic Information System (GIS) dalam mendukung kinerja TNI AL dan industri kelautan dan perkapalan.

HDC milik TNI AL ini didukung oleh platform analisis berbasis lokasi terkemuka yang dinamakan ArcGIS. Teknologi ini sendiri berdiri di atas sistem pemrosesan yang digunakan Pushidrosal.

ArcGIS memfasilitasi proses integrasi data secara lancar. Data hidrografi ini datang dari beragam departemen dan institusi yang berafiliasi dengan TNI AL. ArcGIS kemudian menganalisis dan memvisualisasikan data yang telah diproses dalam bentuk dashboard pemetaan dinamis. Presentasi pemetaan yang dinamis ini memberi visualiasi yang jelas kepada para pembuat keputusan tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi aktivitas atau operasi di laut.

BACA JUGA :  Pasca Pertempuran Aleppo, Front Al-Nusra Konfirmasi Kematian 300 Anggotanya

Lebih jauh, teknologi ini juga membantu Pushidrosal secara lebih efisien berbagi data dengan departemen-departemen lain di seluruh organisasi. Dengan demikian, tidak perlu menggunakan USB flash drive untuk mentransfer informasi dalam jumlah besar untuk berbagi data hidrografi TNI AL.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Sea Harrier, bukti kedigdayaan Angkatan Laut Inggris di Udara dan di Lautan

Sea Harrier Wujud Kedigdayaan Inggris Di Udara Dan Di Lautan

0
HobbyMiliter.com - Sea Harrier Wujud Kedigdayaan Inggris Di Udara Dan Di Lautan. Apakah anda masih ingat dengan artikel yang kami hadirkan beberapa waktu yang lalu...

Recent Comments