Friday, April 12, 2024
HomeAlutsistaKapal PerangRNS Varyag, Salah Satu Kapal Penjelajah Rudal Andalan Rusia

RNS Varyag, Salah Satu Kapal Penjelajah Rudal Andalan Rusia

RNS Varyag, Salah Satu Kapal Penjelajah Rudal Andalan Rusia – HobbyMiliter.com – Walaupun tak begitu menonjol dari segi naval air superiority, keberadaan armada Rusia di wilayah Pasifik masih perlu diperhitungkan. Kekuatan armada laut Rusia masih tak selengkap rivalnya, namun armada Rusia di wilayah Pasifik masih bisa memberikan efek gentar dengan sosok kapal penjelajah, yang memiliki kemampuan untuk menghancurkan kapal induk. Dan beberapa waktu lalu, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara (22 – 25 Mei 2017), muncul sesosok kapal penjelajah rudal (Guided Missile Cruiser) RNS Varyag (CGHM-011).

BACA JUGA :  Video MiG-29: Manuver Take-Off Vertikal Yang Dasyat

RNS1

Dalam rangka kunjungan persahabatan, awak RNS Varyag mengadakan open ship (25/5) untuk warga Jakarta sehingga diperbolehkan naik dan melihat dari dengan jelas bentuk kapal perang Rusia ini. Jika disbanding kapal-kapal Negara sahabat, RNS Varyag memiliki tampilan yang mengagumkan sebagai warship.

Terlihat kalau RNS Varyag dilengkapi dengan banyak persenjataan, mulai kelas ringan hingga kelas berat yang melindungi seluruh bagian kapal. Yang terlihat mencolok pastinya 16 tabung peluncur (8×2) rudal anti kapal P-500 Bazalt, atau oleh NATO dikenal dengan SS-N-12 Sandbox.

BACA JUGA :  Rusia Keluarkan MiG-35 Untuk Menyaingi AS di Angkasa

Jika dibandingka dengan kapal perang buatan NATO, maka P-500 Bazalt memang memiliki ukuran yang sangat besar. Bobotnya mencapai 4,8 ton dan panjangnya 11,7 meter, maka terbayang betapa besar ukuran tabung peluncurnya saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

UAV VTOL VSR700 conceptual design

Airbus Dan DCNS Kembangkan UAV VTOL Untuk AL Perancis

1
HobbyMiliter.com - Airbus Helicopter dan perusahaan galangan kapal Perancis DCNS, akan kembangkan konsep drone atau unmanned aerial vehicle (UAV) dengan kemampuan lepas landas dan mendarat...

Recent Comments