Friday, April 12, 2024
HomeBerita MiliterBerita Militer DuniaDatangnya Kapal Selam Type 218SG Pada Armada Bawah Air Singapura

Datangnya Kapal Selam Type 218SG Pada Armada Bawah Air Singapura

Datangnya Kapal Selam Type 218SG Pada Armada Bawah Air Singapura – HobbyMiliter.com – Singapura seperti tak mau kalah melihat kemajuan dari segi kapal selam Indonesia. Selang beberapa waktu setelah Indonesia memesan 3 unit kapal selam jenis Changbogo Class pada Desember 2011, selanjutnya Singapura pada tahun 2013 langsung ikut memesan 2 unit kapal selam mutakhir Type 218 yang masih berupa rancangan.

Bahkan sebagai negara pemesan pertama, pihak pabrikan asal Jerman itu, ThyssenKrupp Marine Systems melabelkan kapal selam ini sebagai Type 218SG. Dan saat tibanya kapal selam baru pesanan TNI AL, KRI Nagapasa 403 (alias Changbogo Class) dari Korea Selatan, selanjutnya Singapura pada tanggal 16 Mei 2017 sudah menambahkan pesanan lagi sekitar 2 unit Type 218SG, sehingga AL Singapura akan mempunyai sejumlah 4 unit Type 218SG.

BACA JUGA :  Specialised Marine Craft, Kapal Patroli Siluman Milik AL Singapura

submarine1

Rencananya pengiriman pertama Type 218SG akan dilakukan secara bertahap di tahun 2020, lalu dialnjutkan di tahun 2021 hingga beragsur-angsur selesai di tahun 2024. Disamping proses pengadaan kapal selam, sebenarnya hingga saat ini Singapura sudah memiliki kekuatan kapal selam paling kuat se Asia Tenggara dan bahkan Australia.

Dikarenakan Singapura adalah satu-satunya Negara pengguna kapal selam yang memiliki kemampuan aktif AIP (Air Independent Propulsion) serta double torpedo launcher type. Kapal selam itu adalah Archer Class (RSS Archer dan RSS Swordsman). Sebelumnya juga ada RSS Conqueror serta RSS Chieftain buatan Swedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Sejarah Perang Padri, Salah Satu Perang Saudara di Indonesia

Sejarah Perang Padri, Salah Satu Perang Saudara di Indonesia

0
Sejarah Perang Padri, Salah Satu Perang Saudara di Indonesia - HobbyMiliter.com - Perang Padri terjadi di Sumatera Barat terutama kawasan Kerajaan Pagaruyung dan berlangsung sejak...

Recent Comments