Friday, April 19, 2024
HomeAlutsistaHelikopterBoeing CH-47F, Varian Tercanggih dari Chinook

Boeing CH-47F, Varian Tercanggih dari Chinook

Dikarenakan penggunaan jumlah CH-47D yang cukup besar, Boeing mengeluarkan CH-47F yang berbasis standar CH-47D (remanufaktur). Sampai pada tahun 2014, sedikitnya sudah mencapai 300 unit CH-47F yang diberikan kepada AD Amerika Serikat dan US National Guard. Disamping untuk kebutuhan dalam negeri, saat ini CH-47F sudah beroperasi di Kanada (15 unit), Belanda (6 unit), Inggris (24 unit) dan juga Australia yang telah membeli 7 unit CH-47F untuk militernya.

Debutnya yang tak diragukan lagi saat operasi-operasi di Afghanistan dan Irak, misi yang sudah dijalani CH-47F meliputi transports troops, war supplies, battlefield equipment, medical evacuation, search and rescue, aircraft recovery, serta parachute drop. Helikoper yang dilengkapi glass cockpit ini mampu membawa 33 hingga 55 personel, tergantung pada pengaturan kargo serta misinya.

BACA JUGA :  Boeing Serahkan Unit Pesawat Tanker KC-46A Ke-19 Untuk USAF

Saat misi medical evacuation (medevac), ruang kargo bisa dirubah untuk mengangkut hingga 24 tandu lengkap dengan perlengkapan medis. Pada dasarnya, ruang kargo bisa mengangkut payload hingga 10,9 ton, ini berarti Chinook bisa membawa kendaraan tempur sejenis Hummer atau Komodo 4×4.

CH-472

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Penggenangan PKR2 1

Update Pengerjaan Kapal Perusak Kawal Rudal Unit Kedua, Penggenangan Dok Menjelang...

0
Proyek produksi kapal perang dari jenis Perusak Kawal Rudal atau bisa disingkat PKR merupakan salah satu proyek prestisius bagi Indonesia. Pasalnya, melalui proyek ini...

Recent Comments