Thursday, April 25, 2024
HomeAlutsistaDrone UAVWatchkeeper WK450 Drone yang Battle Proven di Afghanistan

Watchkeeper WK450 Drone yang Battle Proven di Afghanistan

Keunikan dari Watchkeeper WK450, drone ini diadaptasi dari basis Hermes 450. Hermes 450 merupakan drone pabrikan Elbit Systems, asal Israel. Dari aspek rancangan dan dimensi, antara Watchkeeper WK450 dengan Hermes 450 seperti tak ada perbedaan, bahkan mesin penyokongnya dipasok dari mesin yang sama, yaitu Engines Limited R802/902(W) Wankel engine 52 hp.

Walaupun agak mirip, bahkan kapasitas angkutnya pun sama – 150 kg, namun untuk kecepatan dan lamanya terbang ada perbedaan mengingat kapasitas payload yang dibawa memiliki beberapa perbedaan. Oleh Thales UK, Watchkeeper WK450 dirancang untuk membawa sensor berupa Thales I-Master ground-moving target indicator/synthetic aperture radar (SAR/GMTI) dan di bagian belakang dipasang modul berupa turret yang membawa electro-optical/infrared (EO/IR) sensor.

BACA JUGA :  UAV RQ-21A Blackjack Perkuat AL Thailand

watchkeeper2

Walaupun pada dasarnya adalah UAV, airframe Drone Watchkeeper WK450 mampu mengangkut rudal 2 unit rudal, yaitu LMM (Lightweight Multirole Missile) pabrikan Thales Air Defence. LMM memiliki bobot 13 kg dengan berat hulu ledak 3 kg. Rudal udara ke permukaan ini memakai hulu ledak berfragmentasi dan dapat meluncur dengan kecepatan Mach 1.5. Berbekal two-stage solid propellant motor pabrikan Roxel Propulsion Systems (RPS), rudal ini mampu melesat sejauh 8 km dengan pemandu semi active laser dan terminal infrared homing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Peninggalan Zaman Neolitikum

Peninggalan Zaman Neolitikum

0
Peninggalan Zaman Neolitikum - HobbyMiliter.com - Apakah kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan Zaman Neolitikum? Apa saja peninggalan zaman Neolitikum yang bisa kita temukan...

Recent Comments