Thursday, April 25, 2024
HomeAlutsistaSenapanM79 Grenade Launcher, Senjata Legendaris di Kancah Perang Vietnam

M79 Grenade Launcher, Senjata Legendaris di Kancah Perang Vietnam

Cara penembakkan M79 Grenade Launcher sama seperti M-203, yaitu satu per satu (break action) dengan pengisian amunisinya cara manual (breech-loaded). Sistem penembakkanya dikatakan sebagai High-Low Propulsion System untuk meminimalisir efek tolak balik (recoil). Ciri-ciri khusus senjata ini yaitu menggunakan popor kayu dan model bidik blade and leaf type.

Ditangan penembak yang sudah terlatih, dalam waktu satu menit seorang prajurit infanteri mampu menembakkan hingga enam kali. Jarak tembak efektif dari M79 adalah 350 meter dan jarak tembak maksimalnya 400 meter. Kalau dirata-rata, kecepatan peluru di udara mencapai 76 meter/detik.

BACA JUGA :  Menhan Filipina: Kami Bisa Hidup Mandiri Tanpa Bantuan Militer AS

Melihat kehebatan M79 Grenade Launcher, senjata ini memiliki banyak sebutan ketika bertarung di Vietnam, mulai dari Thumper, Thump Gun, Bloop Tube, Blooper, hingga Can Cannon. Infanteri Australia yang turut serta berperang di Vietnam memanggilnya sebagai Wombat Gun. Sama halnya pelontar granat 40 mm yang terpasang pada plaform lain, M79 juga bisa menembakkan berbagai macam amunisi, mulai dari amunisi explosive, anti personnel, smoke, buckshot, flechette hingga illumination (untuk penerangan).

M79-3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

SS 2 (1)

SS2-V7: Senapan Subsonic Buatan Pindad

0
HobbyMiliter.com – SS2-V7: Senapan Subsonic Buatan Pindad. PT Pindad akhirnya mengeluarkan senjata baru untuk memenuhi kebutuhan pasukan khusus TNI, berpatokan pada desain SS2, maka muncullah SS2-V7....

Recent Comments