Friday, April 19, 2024
HomeAlutsistaDrone UAVProtector USV, Drone Laut Bersenjata Berteknologi Plug and Play

Protector USV, Drone Laut Bersenjata Berteknologi Plug and Play

Protector USV, Drone Laut Bersenjata Berteknologi Plug and Play – HobbyMiliter.com – Kalau saja proyek KCR (Kapal Cepat Rudal) Klewang Class terus dikembangkan, mungkin saja dampak positifnya proyek USV (Unmanned Surface Vehicle) atau drone laut Bonefish juga terus berlanjut ke tahapan produksi prototipe. Pada acara Indo Defence 2014, PT Lundin Industry Invest (North Sea Boats) sudah mengenalkan full mockup Bonefish, dan jika segalanya berjalan lancar, ketika itu dijadwalkan prototipe Bonefish akan mulai dirilis pada tahun 2015.

BACA JUGA :  Gantikan Humvee, Oshkosh Defense Akan Produksi 258 Unit JLTV

Walaupun dikenalkan oleh PT Lundin Industry Invest, tapi dukungan teknologi drone yang dapat melaju 40 knots ini diperoleh dari Saab asal Swedia. Karena tak terurusnya proyek Klewang, serta lepasnya campur tangan Saab pada proyek KCR trimaran itu, maka cita-cita Indonesia untuk mengeluarkan prototipe Bonefish juga ikut hilang.

protector-1

Apabila mengacu pada spesifikasi teknisnya, drone laut Bonefish USV tak hanya dapat melakukan misi patroli dan pengintaian di lautan saja, drone ini juga disiapkan untuk mampu membawa rudal anti kapal RBS15 Mk3 yang memiliki kecepatan subsonik. Rudal jenis ini mempunyai hulu ledak HET berbobot 200 kg. Disamping itu, kapal ini juga dilengkapii dengan naval gun 40Mk4.

BACA JUGA :  PAK DA, Pesawat Pengebom Strategis Rusia Akan Meluncur 2021

Tak sekedar itu saja, radar Sea Giraffe 1X 3D yang berbobot 150 kg juga terpasang pada USV Bonefish ini. Radar ini dikatakan mampu meminimalisir efek dari lengkung bumi. Terlepas dari cita-cita Bonefish, ide mengerjakan rancangan drone laut USV terus didengungkan oleh para penggiat teknologi di dalam negeri, contohnya Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) yang sukses mengeluarkan prototipe USV Savinna dan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) yang mengeluarkan USV via WiFi. Walaupun itu adalah sebuah lompatan kreativitas teknologi, tapi semua itu hanya berakhir dalam tahap prototipe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Insiden di bandara pristina 1999. Pasukan Perancis dan persenjataannya.

Kisah Perang Pasukan Rusia: Insiden di Bandara Pristina, 1999

4
HobbyMiliter.com - Tujuh belas tahun yang lalu, pasukan tentara Russia dengan kekuatan hanya sekitar 200 orang, bergerak sejauh 600Km dari Serbia menuju Pristina, Kosovo untuk menduduki bandara...

Recent Comments