Thursday, April 25, 2024
HomeBerita MiliterBerita Militer DuniaPeluncuran Bom Pintar GBU-12 LGBs dari Sukhoi Su-30MKM AU Malaysia

Peluncuran Bom Pintar GBU-12 LGBs dari Sukhoi Su-30MKM AU Malaysia

Peluncuran Bom Pintar GBU-12 LGB dari Sukhoi Su-30MKM AU Malaysia – HobbyMiliter.com – Kalau dilihat dari namanya bukanlah jenis senjata baru, karena wujud bom pintar (smart bomb) yang berlabel Guided Bomb Unit (GBU)-12 Paveway II LGBs (Laser Guided Bombs) telah terkenal debutnya semenjak aksinya di Perang Vietnam (1968).

Diproduksi oleh Texas Instrument (saat ini bernama Raytheon), famili dari Paveway LGBs ini merupakan varian bom pintar terlaris dipasaran alutsista, khususnya pada jenis GBU-12 LGBs yang mengambil platform dumb bomb paling terkenal di kancah persenjataan NATO, yaitu varian MK82. Terlalu sering digunakan di banyak aksi pertempuran, membuat nama GBU-12 terlihat “cukup biasa” saja, namun menjadi tak biasa jika melihat apa yang dilakukan oleh AU Malaysia beberapa waktu ini.

BACA JUGA :  Kejutan Beijing: Ekspor Senjata Tiongkok Naik Dua Kali Lipat

GBU-1

AU Malaysia atau disebut juga TUDM (Tentara Udara Diraja Malysia) akhir-akhir ini menjadi bahan pembicaraan para peminat alutsista, karena dikabarkan berhasil meluncurkan bom GBU-12 dari jet tempur asli Rusia, yaitu Su-30MKM. Itu Artinya Malaysia berhasil menggabungkan sistem persenjata berstandar AS/NATO kepada sistem alutsista milik Rusia.

Pada dimensi yang agak berbeda, menggabungkan 2 sistem senjata dari 2 standart pabrikan yang berbeda juga sudah pernah dilakukan TNI AU, contohnya pada masa Operasi Seroja di Timor Timur, pesawat anti gerilya/COIN (Counter Insurgency) OV-10F Bronco serta A-4E Skyhawk dikatakan berhasil menembakkan sisa-sisa bom udara produksi Uni Soviet, RBK-250 (sisa-sisa Operasi Trikora) yang pasokannya cukup banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Turki Luncurkan TCG Hizir Reis, Kapal Selam Type-214TN AIP Reis-class Unit Kedua

Turki Luncurkan TCG Hizir Reis, Kapal Selam Type-214TN AIP Reis-class Unit...

0
Turki Luncurkan TCG Hizir Reis, Kapal Selam Type-214TN AIP Reis-class Unit Kedua - Hobbymiliter.com – Turki resmi meluncurkan kapal selam jenis Type-214TN “Reis-class” unit...

Recent Comments