Wednesday, March 27, 2024
HomeMiliterKisah MiliterBagaimana Cara U-Boat Jerman Bisa Mencapai Nusantara?

Bagaimana Cara U-Boat Jerman Bisa Mencapai Nusantara?

Bagaimana Cara U-Boat Jerman Bisa Mencapai Nusantara? – HobbyMiliter.com –  Memerlukanwaktu sekitar 2 bulan untuk kapal selam varian 209 (Cakra Class) TNI AL menjelajah dari Jerman menuju Indonesia. Estimasi tersebut didapat dengan melewati jalur Terusan Suez, dan pastinya melalui transit di berbagai pelabuhan untuk melakukan pengisian bahan bakar serta logistik. Apabila diukur, jarak tempuhnya mencapai 8.819 nautical mile, dan merupakan jalur tecepat yang mampu ditempuh oleh kapal selam dari Jerman menuju Indonesia. Tapi, bagaimana dengan armada U-Boat NAZI Jerman yang menjelajah ke Nusantara pada awal tahun 1943?

BACA JUGA :  Tiongkok Kecam India Karena Izinkan Dalai Lama Kunjungi Wilayah Sengketa

uboat-1

Terusan Suez memang memang telah aktif pada zaman itu, tapi karena tengah bergejolak Perang Dunia II, akan cukup beresiko jika melewati jalur Terusan Suez yang menjadi ajang perseteruan antara Jerman dengan Sekutu. U-Boat yang bergerak lambat di permukaan pastinya sangat rawan mendapat serangan udara.

Walaupun demikian, misi tempur NAZI menuju Samudra Hinda dan Asia Timur Jauh masih tetap harus dijalankan. Hitler kala saat itu sangat berambisi untuk memperkuat armada Jerman, Italia, serta Jepang. Blok Poros ini terbentuk pada bulan September 1940. Blok Poros dibawah pengaruh Adolf Hitler di Jerman, Benito Mussolini di Italia, serta Kaisar Hirohito dan Hideki Tojo di Jepang. Beberapa pakar mengemukakan kalau hubungan Jerman – Jepang dinilai jauh lebih erat dibandingkan Jerman – Italia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Admiral Kuznetsov di Floating Dry Dock D-50. kedua crane raksasa di kanan kiri dry dock tersebut rubuh dan menimbulkan kerusakan.

Kapal Induk Admiral Kuznetsov Mengalami Kecelakaan Ketika Sedang Diperbaiki

0
Kapal Induk Admiral Kuznetsov Mengalami Kecelakaan Ketika Sedang Diperbaiki - HobbyMiliter.com. Floating dry dock terbesar di dunia, PD-50 dilaporkan tenggelam ketika sedang digunakan untuk...

Recent Comments