Friday, April 19, 2024
HomeAlutsistaPesawat TerbangPesawat Antonov An-74T-200, Jet Angkut Multiguna

Pesawat Antonov An-74T-200, Jet Angkut Multiguna

Pesawat Antonov An-74T-200, Jet Angkut Multiguna – HobbyMiliter.com – Salah   satu pesawat jet kelas ringan dari Ukraina yang kini gencar dipromosikan adalah Antonov An-74T varian 200 (An-74T-200). Produksi serial pesawat ini dilaksanakan Kharkov State Aircraft Manufacturing Company (KSAMC) Ukraina.

Perusahaan ini merupakan yang tersukses dari semua perusahaan pesawat di negara-negara pecahan Uni Soviet dalam membuat pesawat transpor. Maklumlah, di dalamnya terdapat biro desain Antonov yang kondang dengan produk pesawat kargo raksasa An-124 Ruslan dan An-225 Mriya.

BACA JUGA :  Pesawat Angkut Antonov An132D Memulai Debut Di Timur Tengah

Antonov An-74 dikembangkan dari basis pesawat STOL (Short Take-Off and Landing) Antonov An-72 pada tahun 1983. Derivatif (turunan) An-72 ini mengadopsi kemampuan manuver, kemudahan dalam penanganan, kemampuan STOL yang baik, umur pakai yang panjang serta reliability yang tinggi sebagaimana dirintis induknya.

Sepertinya, ciri ini memang akan ditonjolkan sebagai ikon dari klan atau keluarga An-74. Walau sebenarnya, dengan posisi engine seperti itu, akan membutuhkan tools khusus untuk merawatnya. Tapi apa boleh buat, hanya konfigurasi seperti itu yang memungkinkan pesawat bisa mendarat di landasan ekstrim sekalipun, tanpa takut kena FOD.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Boeing 737 Surveillance (Airliners.net).

Kisah Boeing 737 Surveillance, Pesawat Intai Maritim TNI AU

1
HobbyMiliter.com - Bicara airborne surveillance radar, tidak usah jauh-jauh. Di negeri ini pun ada barangnya. Masuk kategori top secret dan santer aroma intelijen. Tidak...

Recent Comments