Sunday, April 21, 2024
HomeBlog MiliterGrumman A6 Intruder Sang Penyusup Yang Tak Tergantikan

Grumman A6 Intruder Sang Penyusup Yang Tak Tergantikan

Grumman A6 Intruder Sang Penyusup Yang Tak Tergantikan
Grumman A6 Intruder Sang Penyusup Yang Tak Tergantikan. Tidak Hanya Mampu Mejadi Bomber, A6 Intruder Juga Mampu Menembakkan Rudal Udara Ke Udara. Tampak Dalam Foto Sebuah A6 Intruder Menembakkan Rudal Udara ke Udara AIM-9 Sidewinder.
Sumber : Quora.

A6 Intruder didesain dengan tidak memiliki senjata pertahanan diri yang terpasang secara permanen di badan pesawat, tidak seperti jet tempur lain pada umumnya. Selain tidak memiliki senjata pertahanan diri internal, A6 juga tidak dibekali dengan Internal Weapon Bay atau ruang peyimpanan senjata dan munisi internal. Meskipun demikian, A6 sanggup membawa berbagai jenis munisi dengan menempatkannya pada penyimpanan eksternal dibawah sayap. Berbagai jenis munisi yang dapat dibawa olehnya yakni bom konvensional dan bom nuklir, tanki bahan bakar dan sederet jenis roket dan rudal.

BACA JUGA :  Panser dan Helikopter Tanpa Awak Hasil Pengembangan Sikorsky

 

Grumman A6 Intruder Sang Penyusup Yang Tak Tergantikan
Grumman A6 Intruder Sang Penyusup Yang Tak Tergantikan. Grafik Konfigurasi Senjata Pada Jet Tempur Grumman A6 Intruder.
Sumber : AirVector

Seperti pesawat jet tempur serang serbaguna lainnya, banyak kombinasi muatan munisi yang dapat dipasangkan pada jet tempur A6 Intruder ini. Sebagai contoh, ia dapat membawa bom nuklir Mk 43 seberat 945 kilogram dan menghantarkan nya ke target yang berada sejauh 1.432 kilometer jauhnya. Untuk misi tersebut A6 membutuhkan 4 unit tanki bahan bakar eksternal yang masing – masing berisi 1.136 liter bahan bakar cadangan. Salah satu kombinasi senjata lainnya yakni bom konvensional seberat 4.676 kilogram dapat dibawa ke target yang berada di jarak maksimal 724 kilometer dengan membawa 2 unit tanki bahan bakar eksternal yang masing – masing berisi 1.136 liter bahan bakar cadangan.

BACA JUGA :  Turki Kirim Angkatan Udaranya Untuk Bantu Lawan ISIS di Mosul

Akhir Karir A6 Intruder

Grumman A6 Intruder Sang Penyusup Yang Tak Tergantikan
Grumman A6 Intruder Sang Penyusup Yang Tak Tergantikan. A6 Intruder Saat Akan Lepas Landas Dari Salah Satu Kapal Induk AL Amerika Serikat. Jet Tempur Ini Melaksanakan Penerbangan Terakhirnya Dari Atas Dek Kapal Induk Pada 19 Desember 1996.
Sumber : FAS

Pada tanggal 19 Desember 1996 sebuah pesawat jet tempur serang darat segala cuaca, A6E Intruder, lepas landas dari atas dek kapal induk USS Enterprise (CVN-65). Penerbangan ini sekaligus menandai penerbangan terakhir pesawat jet tempur serang darat segala cuaca yang dikenal “tangguh dan serba guna” tersebut dari atas dek kapal induk. Hari – hari terakhir A6 Intruder telah terhitung sejak saat itu. Secara keseluruhan AS telah mengoperasikan sebanyak 636 unit pesawat A6 Intruder sejak tahun 1960.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

PCSV Singapura

Singapura Luncurkan PCSV, Kendaraan MRAP Pertamanya

0
HobbyMiliter.com - Angkatan Darat Singapura, baru – baru ini meluncurkan platform kendaraan anti ranjau pertama produksi dalam negeri Singapura. Kendaraan ini dinamai Belrex Protected...

Recent Comments