Wednesday, March 27, 2024
HomeAlutsistaRudalMengenal Rudal CHAMP, Senjata Untuk Mematikan Perangkat Elektronik

Mengenal Rudal CHAMP, Senjata Untuk Mematikan Perangkat Elektronik

Mengenal Rudal CHAMP, Senjata Untuk Mematikan Perangkat Elektronik – HobbyMiliter.com – Pernahkah anda merasa jengkel dengan PLN yang tiba – tiba melakukan pemadaman listrik bergilir tanpa ada pemberitahuan sebelumnya? Atau pernahkah anda merasa emosi sekaligus panik ketika smartphone kesayangan anda tiba – tiba mati? sangat tidak menyenangkan bukan?

Nah, tahukah anda, bahwa ternyata, ada juga senjata yang dapat digunakan untuk mematikan secara permanen berbagai jenis peralatan elektronik? jika anda belum mengetahuinya, simak artikel singkat berikut yang akan membahas tentang profil senjata tersebut. Inilah kisah CHAMP, senjata untuk mematikan perangkat elektronika.

BACA JUGA :  Pesawat Pengintai SAAB Global Eye Sukses Laksanakan Penerbangan Perdana
Rudal AGM86B ALCM, platform rudal yang mampu bawa sistem senjata CHAMP.
Rudal AGM86B ALCM, platform rudal yang mampu bawa sistem senjata CHAMP.
Sumber : military-today

Counter-electronics High Power Microwave Advanced Missile Project

Counter-electronics High Power Microwave Advanced Missile Project yang kemudian disingkat CHAMP, merupakan sebuah proyek senjata perang elektronika (pernika) non lethal yang dibangun oleh Amerika Serikat. Tujuan utama dari pengembangan senjata CHAMP ini adalah untuk membuat sebuah senjata pernika dengan kemampuan yang berbeda dari senjata – senjata pernika yang sudah ada dan telah digunakan secara umum.

Senjata – senjata pernika yang sudah ada dan digunakan secara umum oleh banyak militer dari banyak negara pada dasarnya memiliki konsep sebagai jammer yakni alat yang digunakan untuk mengganggu frekuensi, atau kinerja dari berbagai jenis perangkat elektronik dan digunakan secara temporer atau dalam jangka waktu tertentu dan jika jammer tersebut sudah dimatikan maka peralatan elektronik tersebut akan dapat berfungsi normal kembali.

BACA JUGA :  INS Betwa Terbalik Di Dok Perbaikan

Konsep jammer berbeda dengan konsep yang ditawarkan oleh CHAMP, sebuah senjata pernika generasi terbaru dengan kemampuan mematikan secara permanen segala jenis peralatan elektronika yang terkena pancaran gelombang mikro yang dipancarkannya. Sehingga meskipun perangkat CHAMP tersebut telah berhasil dihancurkan tetap tidak akan dapat memulihkan kembali perangkat elektronika yang diserangnya.

Jadi dapat dikatakan bahwa sebuah sistem senjata pernika CHAMP merupakan sistem senjata yang mampu merusak kan segala jenis sistem elektronika secara permanen dengan tanpa memberikan korban jiwa baik dipihak AS maupun di pihak musuhnya yang ia serang. Dengan kata lain, sistem senjata pernika tersebut mampu memberikan pukulan yang telak meskipun tidak terlihat secara kasat mata. Sistem ini telah dikembangkan oleh Amerika Serikat setidaknya sejak sekitar tahun 2010 lalu, dimana uji coba sistem senjata ini dilangsungkan pada tahun 2012 (yang terpublikasi,red) dengan hasil kesuksesan uji coba 100%.

BACA JUGA :  Bantuan Tambahan 1 Miliar Dollar AS Untuk Ukraina

Bagaimana Sistem Senjata CHAMP Bekerja?

Bagaimana Sistem Senjata CHAMP Bekerja.
Bagaimana Sistem Senjata CHAMP Bekerja.
Sumber : National Academies Press
Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Tahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk TNI AU

Tahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk...

0
Tahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk TNI AU - HobbyMiliter.com - Pada tahun 2009, Duta Besar Indonesia untuk Qatar,...

Recent Comments