Thursday, December 1, 2022
HomeMiliterKisah MiliterSejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa

Sejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa

Pukul 15.10 WIB petugas di Posek Hanudnas II dan Popunas yang terus memonitor pergerakan pesawat kembali dikejutkan. Kali ini LaSa X yang terdeteksi meningkat menjadi sembilan pesawat! Pangkohanudnas segera menaikkan status “Siaga Hanudnas” menjadi “Waspada Kuning” dan “Siaga Dua”.

Sepuluh menit kemudian Pangkohanudnas melakukan koordinasi dengan Pangkoopsau II Marsda TNI Teddy Sumarno dan Asisten Operasi KSAU Marsda TNI Djoko Suyanto perihal rencana penggunaan pesawat F-16. Setelah dirundingkan, sepuluh menit kemudian Pangkohanudnas memberikan perintah kepada Pangkosekhanudnas II untuk melaksanakan persiapan identifikasi visual LaSa X menggunakan F-16.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

3 COMMENTS

  1. Indonesia harus memperkuat kemampuan perang elektronikanya. Jangan sampai dijamming seperti ini dan seperti waktu latihan gabungan TNI di NATUNA jaman SBY dulu, dimana komunikasi sempat mati beberapa jam.

  2. Wuih, ternyata F-5 Tiger AU Singapura punya kemampuan serangan jarak jauh ya. Punya probe aerial refueling. Beda spek dengan F-5 Tiger kita. Dulu mengapa kita nda beli yang ber-aerial refueling ya? Kan beli F-5 dan beli Tanker ga beda jauh waktunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

2 buah KRI Kelas Ahmad Yani

KRI Kelas Van Speijk

0
HobbyMiliter.com - 2 buah KRI kelas Van Speijk tampak di kejauhan. KRI kelas Van Speijk, yang di Indonesia dikenal sebagai KRI kelas Ahmad Yani...

Recent Comments