Saturday, April 20, 2024
HomeAlutsistaKapal PerangKRI Rencong 622, Kapal Legendaris TNI AL

KRI Rencong 622, Kapal Legendaris TNI AL

Adalah KD Kerambit, kapal perang milik Tentera Laut Diraja Malaysia yang menjadi lawan KRI Rencong kala itu. Insiden ini merupakan salah satu insiden yang paling memicu peningkatan eskalasi di kawasan Ambalat kala itu. Pasalnya, KD Kerambit memasuki wilayah kedaulatan laut Indonesia dan mengklaim bahwa wilayah laut tersebut merupakan wilayah dari Malaysia. KD Kerambit mengontak KRI Rencong dari radio dan memberitahu bahwa KRI Rencong telah memasuki wilayah perairan Malaysia. KD Kerambit juga menyerukan agar KRI Rencong putar haluan kembali ke wilayahnya.

Mendengar seruan ini, KRI Rencong langsung membalas memberitahukan kepada KD Kerambit bahwa KD Kerambit lah yang memasuki wilayah perairan Indonesia. Pada saat itu, KRI Rencong berada di wilayah Indonesia, posisi koordinat 03.59 Lintang Utara (LU)-118.4 Bujur Timur (BT). Sedangkan KD Kerambit pada saat yang sama berada pada posisi 04.01 LU-118.05 BT. Jarak kedua kapal kurang lebih sudah masuk dalam jangkauan senjata meriam pada masing – masing kapal perang tersebut.

Seperti yang dapat diduga, adu argumen pun terjadi. Kru dari kedua kapal perang tersebut saling beradu argumen menyebut bahwa wilayah tersebut adalah kedaulatan masing – masing negara. Setelah adu argumen yang cukup keras, dan seruan berulang – ulang dari KRI Rencong agar kapal perang milik TLDM tersebut mengubah haluannya, akhirnya KD Kerambit pun mengubah haluan berbalik arah. Tak mau ditipu oleh lawan, KRI Rencong pun mengawal kapal perang milik TLDM ini hingga jarak 900 meter.

BACA JUGA :  Menhan Taiwan : Jet Tempur F-16V Bisa Bersaing Hadapi Jet Tempur J-20
Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Rencong 622
Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Rencong 622. KRI Rencong kala tampil dengan konfigurasi full combat load lengkap dengan 4 unit rudal anti kapal Exocet MM38.

Dalam perjalanannya mengawal kapal perang lawan, kembali Kapal Perang Republik Indonesia ini mendapat kontak radio dari awak kapal KD Kerambit. Dalam kontak kali ini, awak kapal perang Malaysia itu menyerukan agar pembangunan mercusuar di Takat Unarang atau Karang Unarang yang dilakukan oleh pemerintah RI dihentikan.

Seruan ini tentu tidak digubris baik oleh awak kapal perang TNI Angkatan Laut maupun oleh pemerintah Indonesia saat itu. Proses pembangunan mercusuar justru semakin dikebut dan bahkan para pekerja pembangunan mercusuar tersebut dikawal oleh elemen pasukan Korps Marinir TNI AL dengan ditambah patroli rutin dari KRI – KRI yang disiagakan di wilayah perairan Ambalat saat itu.

Pada kejadian saat itu, jelas KD Kerambit memilih untuk putar haluan mengarah kembali ke wilayah perairan Tawau, Malaysia. Kehadiran KRI Rencong di wilayah tersebut menghadang dan mengusir KD Kerambit tentu memberikan efek deteren tersendiri bagi elemen TLDM di wilayah perairan tersebut. Pasalnya, jika dilihat dari spesifikasi teknis, KD Kerambit bukanlah tandingan bagi KRI Rencong.

BACA JUGA :  Spesifikasi LPD KRI Makassar 590, Landing Platform Dock TNI AL

Berasal dari kelas Keris, kapal patroli milik TLDM ini memiliki ukuran panjang total 31,4 meter, jauh dibawah KRI Rencong yang memiliki panjang total 53,58 meter. Tentu, senjata yang dibawa oleh kedua kapal tersebut juga berbeda jauh. KD Kerambit hanya dipersenjatai dengan dua pucuk senapan mesin berat kaliber 12,7 milimeter dan dua unit meriam Bofors kaliber 40 milimeter.

Persenjataan kapal Malaysia tersebut jauh dibawah persenjataan KRI Rencong yang membawa meriam utama Bofors kaliber 57 milimeter dan rudal anti kapal Exocet MM38. Dari segi kecepatan, KD Kerambit juga tidak lebih cepat dari KRI Rencong. Kecepatan KD Kerambit maksimal 27 knot, sementara KRI Rencong saat itu mampu mencapai kecepatan maksimal 41 knot.

Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Rencong 622
Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Rencong 622. Salah satu foto kenang – kenangan hasil jepretan pribadi penulis yang menunjukkan KRI Rencong sedang sandar di dermaga Komando Arnada Timur RI (kini Koarmada II, red). Tampak Radar Pengendali Penembakan Signaal WM28 (bulatan bola warna putih, red) masih terpasang. Disebelahnya masih dari kelas yang sama dengan KRI Rencong, yakni KRI Keris 624.

Spesifikasi Teknis KRI Rencong 622

KRI Rencong 622 memiliki spesifikasi teknis sebagai berikut (konfigurasi awal pada tahun 1980) :

  • Panjang : 53,58 meter
  • Lebar (Beam): 8 meter
  • Draught : 1,63 meter
  • Kecepatan maksimum : 41 knots
  • Kecepatan jelajah : 12 knots
  • Jarak jelajah : 4.630 Km pada kecepatan 17 knots
  • Mesin : 1 – GE-Fiat LM-2500 gas turbine dan 2 – MTU 12V331 TC81 diesel engine
  • Bobot kosong : 255 ton
  • Bobot tempur : 290 ton
  • Rudal : Exocet MM38, kemudian akan digantikan SACCADE C-802
  • Meriam utama : Bofors 57 mm Mk.1
  • Meriam sekunder : Bofors L70 kaliber 40 mm dan dua unit Rheinmettal Rh202 kaliber 20 mm
  • Radar dan sensor : Radar Racal Decca 1226 dan Radar kendali penembakan Signaal WM-28 dan Selenia NA-18 serta sensor peperangan elektronik Thomson CSF DR-2000S Mk1.
BACA JUGA :  KRI Sultan Iskandar Muda 367 Jadi Kapal Markas Di Latihan PICARD 4.0 Lebanon
Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Rencong 622
Kondisi KRI Rencong 622 yang terbakar habis di perairan Sorong, Papua Barat. Tampak sebuah KAL memantau situasi sekitar lokasi terbakarnya KRI Rencong 622.

Akhir Tragis Pengabdian KRI Rencong 622

Selasa pagi, 11 September 2018, tepat sehari setelah peringatan HUT TNI Angkatan Laut yang ke 73, KRI Rencong yang sedang bertugas di wilayah perairan Sorong, Papua Barat. Kala itu, KRI Rencong hendak melaksanakan perbekalan ulang atau resupply air tawar di dermaga umum Pelabuhan Sorong. Pagi itu, kondisi cuaca nampak cerah dan lautan tampak bersahabat.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

35-as-tambah-600-pasukan-di-irak

Bantu Operasi Perebutan Mosul, AS Kirim 600 Pasukan Lagi Ke Irak

0
Hobbymiliter.com - Amerika Serikat akan mengirim tambahan 600 pasukan untuk melatih militan lokal untuk menyiapkan diri jelang operasi besar-besaran untuk merebut kota Mosul dari...

Recent Comments