Tuesday, March 26, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurTextron Airland Scorpion, Pesawat Tempur Berharga Murah Bagi Negara Kecil

Textron Airland Scorpion, Pesawat Tempur Berharga Murah Bagi Negara Kecil

Textron Airland Scorpion, Pesawat Tempur Berharga Murah Bagi Negara Kecil – HobbyMiliter.com. Tatanan dunia saat ini sudah berubah, tidak seperti era Perang Dingin berlangsung dimana kebijakan pembelian persenjataan bisa dikatakan searah dengan kebijakan politik dari negara bersangkutan.

Bahkan pengembangan persenjataanya pun turut terpengaruh. Iklim politik dan suasana seperti itu memang sudah berlalu. Sekarang ini setiap negara bisa membeli persenjataan yang mereka suka.

Demikian juga para pembuatnya, penjualan lebih diutamakan ketimbang kepentingan politik. Ini dapat dilihat dari beberapa negara yang dulu tergabung dalam Pakta Warsawa bisa menggunakan pesawat seperti F-16.

BACA JUGA :  Sejarah Peristiwa Perang Ambarawa

Apalagi saat ini, lawan yang dihadapi sudah jauh berbeda. Peperangan terbuka antar negara skala besar kemungkinannya juga kecil, lebih banyak pertempuran dalam sekala rendah. Hal mendasar seperti inilah yang menjadikan dua perusahan besar bergabung untuk menciptakan sebuah pesawat tempur yang bisa unggul dalam pertempuran terbatas.

Bahkan negara sebesar AS pun mulai banyak memangkas anggaran militernya. Bayangkan pesawat seperti A-10 Thunderbolt yang belum ada penggantinya, sudah dipensiunkan. Walau akhirnya rencananya maju mundur galau.

Mungkin disinilah kejelian Airland yang merupakan pemain baru pabrikan pesawat. Mereka melihat ada peluang bisnis dari suasana seperti ini, dimana calon pembeli potensial mulai berhitung masalah harga dan biaya perawatan sebuah pesawat tempur. Walaupun ini bukan kebijakan yang utama sebuah negara dalam memilih sebuah pesawat tempur.

BACA JUGA :  Jet Tempur F-35 AU Korea Selatan Mulai Penampilan Publiknya
Pesawat Tempur Berharga Murah Textron Airland Scorpion. Scorpion mampu melakukan operasi pengawasan perbatasan, pengamanan, anti penyelundupan dan pengawasan illegal logging dengan biaya murah.
Pesawat Tempur Berharga Murah Textron Airland Scorpion. Scorpion mampu melakukan operasi pengawasan perbatasan, pengamanan, anti penyelundupan dan pengawasan illegal logging dengan biaya murah.

Guna mewujudkan impiannya, pihak Airland sadar bahwa mereka belum memilki jam terbang dalam pembuatan pesawat. Maka digandenglah Textron yang sudah sukses mengembangkan beragam jenis helikopter bersama Bell.

Juru bicara Textron, mengatakan pihak AirLand Enterprises datang dengan membawa konsep ingin membuat pesawat tempur dengan biaya murah. Textron tertarik, maka meleburlah kedua pabrikan menjadi Textron AirLand Scorpion. Nama akhir dari perusaan ini merupakan produk yang akan mereka buat.

Konsep pembuatan pesawat tempur berbiaya murah mulai terpikirkan sejak berlangsungnya Perang Teluk, ketika pesawat sekelas F-16 yang hanya ditugaskan sekadar menjatuhkan bom bodoh, tentu kemahalan dalam pengoperasiannya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

MQ-9B STOL, Varian UAV Reaper Untuk Angkatan Laut – Marinir AS

MQ-9B STOL, Varian UAV Reaper Untuk Angkatan Laut – Marinir AS

0
Hobbymiliter.com – Perusahaan industri pertahanan asal Amerika Serikat, General Atomics Aeronautical Systems, Inc. (GA-ASI) pada tanggal 10 Mei 2022 menyatakan dalam rilis resminya bahwa...

Recent Comments