Sunday, October 2, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Pangeran Diponegoro Melawan Belanda Dalam Perang Jawa

Biografi Pangeran Diponegoro Melawan Belanda Dalam Perang Jawa

Menjelang akhir tahun 1828, perlawanan Pangeran Diponegoro kian melemah seiring penangkapan Kyai Madja selaku pemimpin spiritual pemberontakan mereka, disusul dengan penangkapan Sentot Prawirodirjo beserta pasukan di tanggal 16 Oktober 1828. Dan dilanjutkan dengan penangkapan istri Pangeran Diponegoro, R. A. Ratnaningsih dan putranya di tahun 14 Oktober 1829.

Kemudian selama bulan Ramadhan dari 25 Februari sampai 27 Maret 1830, Pangeran Diponegoro bertemu beberapa kali dengan De Kock di Magelang. Pada tanggal 25 Maret 1830, De Kock memberi perintah rahasia pada Letnan Kolonel Louis du Perron dan Mayor A. V. Michels untuk mempersiapkan militer guna menangkap Pangeran Diponegoro.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

37-rudal-balistik-korea-utara-kn08

KN08, Rudal Balistik Antar-Benua Milik Korut, Siap Diluncurkan

0
Hobbymiliter.com - Korea Utara segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meluncurkan rudal balistik antar benua (ICBM) yang dapat dioperasikan dengan menggunakan kendaraan darat. Rudal bernama...

Recent Comments