Friday, April 19, 2024
HomeAlutsistaKapal PerangFoto Satelit: Kapal Induk China Ke 3 Dibangun, Jauh Lebih Besar Dari...

Foto Satelit: Kapal Induk China Ke 3 Dibangun, Jauh Lebih Besar Dari Liaoning

Foto Satelit: Kapal Induk China Ke 3 Dibangun, Jauh Lebih Besar Dari Liaoning – HobbyMiliter.com. Menurut foto satelit terbaru, saat ini galangan kapal China sudah memulai melakukan kegiatan konstruksi pembangunan kapal induk yang ke tiga. Kapal induk ketiga ini akan berbeda dengan dua kapal induk yang pertama.

Kapal induk China yang pertama, Liaoning (Type 001) adalah kapal induk yang dibangun China dari kapal induk Soviet yang tidak selesai pembangunannya. Kapal induk yang sebelas dua belas dengan kapal induk Rusia Admiral Kuznetsov ini merupakan kapal induk kecil yang menggunakan metode sky-jump dalam meluncurkan pesawatnya, bukan ketapel seperti kapal induk besar Amerika maupun Perancis. Kapal induk Liaoning China ini mulai aktif pada tahun 2012.

BACA JUGA :  Kisah Rudal Anti Pesawat SA-2 Guideline China Menembak Pesawat Mata Mata Amerika

Kapal induk yang kedua adalah Type 001A. Kapal yang akan dinamakan Shandong ini merupakan hasil reverse engineering langsung dari kapal induk Type 001. Kapal induk ini dibangun di dalam negeri oleh galangan kapal Dalian. Baik Liaoning maupun Shandong sama sama merupakan kapal induk kecil yang hanya membawa 20 hingga 30 pesawat dan helikopter dari berbagai jenis.

Khusus untuk pesawat, diluncurkan dengan metode sky jump, yang membuat pesawat tidak bisa diterbangkan dengan muatan maksimalnya. Kapal induk ke dua ini sudah selesai pebuatannya tahun 2018 yang lalu dan sedang menjalani berbagai sea trial di Angkatan Laut China.

BACA JUGA :  Sejarah Pembubaran VOC

"Foto

Akhir bulan April yang lalu, lembaga Center for Strategic and International Studies mengeluarkan foto foto citra satelit dari sebuah galangan kapal di China yang ditengarai sedang membangun kapal induk yang ketiga. Foto foto satelit dari galangan kapal Jiangnan yang terletak di luar Shanghai ini menampakkan aktifitas pembangunan modul modul kapal induk yang lebih besar dari Liaoning dan Shandong.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pejuang Tibet Binaan Operasi Intelijen CIA untuk Melawan Pendudukan China

Operation St Circus: Operasi Intelijen CIA melawan China di Tibet

0
HobbyMiliter.com - Operation St Circus: Operasi Intelijen CIA melawan China di Tibet. Selama hampir dua dekade Badan Intelijen Amerika ClA (Central Inteligence Agency) menggalang,...
KRI 971 Tanjung Kambani

KRI Tanjung Kambani 971

Recent Comments