Tuesday, March 26, 2024
HomeMiliterKisah MiliterKisah Rahasia Intelijen Amerika Mendapatkan MiG-29 Fulcrum Untuk USAF

Kisah Rahasia Intelijen Amerika Mendapatkan MiG-29 Fulcrum Untuk USAF

Kisah Rahasia Intelijen Amerika Mendapatkan MiG-29 Fulcrum Untuk USAF – HobbyMiliter.com. Ketika Uni Soviet runtuh pada akhir tahun 1991, berbagai bekas negara bagiannya memperoleh warisan persenjataan yang kadang jumlahnya luar biasa banyaknya. Bahkan ada beberapa negara yang diwarisi industri pertahanan, cadangan senjata, pusat antariksa dan bahkan senjata nuklir. Dan tidak semuanya jatuh ke tangan Rusia, negara pewaris utamanya.

Salah satu MiG-29 Moldova yang kemudian menjadi MiG-29 USAF
Salah satu MiG-29 Moldova yang kemudian menjadi MiG-29 USAF

Salah satu kisah menarik terjadi di salah satu negara kecil eks pecahan Uni Soviet ini. Negara kecil ini bernama Republik Moldova. Ketika Uni Soviet runtuh, inventori Angkatan Udara Uni Soviet yang diwariskan kepada Angkatan Udara Moldova berupa 34 unit pesawat tempur MiG-29 Fulcrum (versi original, bukan mongkey model), 8 helikopter Mi-8 Hip beserta sejumlah pesawat angkut.

BACA JUGA :  Angkasa Yudha 2016 : Drone S70, Drone Target Latihan Sudah Disiapkan TNI AU

Warisan ini membentuk armada udara yang cukup banyak bagi negara kecil seukuran Moldova. Untuk memahami seberapa besar Moldova, populasi penduduk DKI Jakarta kira kira sekitar 3 kali lipat lebih banyak dari seluruh penduduk Moldova saat ini. Sedangkan luasnya kira kira seluas Provinsi Jawa Tengah.

MiG-29 Moldova sedang dipreteli sebelum diangkut ke Amerika
MiG-29 Moldova sedang dipreteli sebelum diangkut ke Amerika

Sebagai negara baru yang terbentuk akibat Uni Soviet hancur ekonominya, Moldova pun saat itu sedang mengalami krisis ekonomi yang cukup buruk. Sebagai akibatnya, alutsista warisan Uni Soviet pun tidak dapat dimanfaatkan dengan baik. Jangankan mengoperasikannya, merawatnya pun Moldova tidak ada uang.

BACA JUGA :  Ekranoplan KM, Si Monster Laut Kaspia

Iran, dilain pihak dilaporkan tertarik untuk menambah inventori MiG-29 versi eksport mereka dan sedang mencari cari cara membeli barang barang diskon eks Uni Soviet di pasar senjata Eropa Timur. Intelijen Amerika Serikat pun menerima berita itu. Intelijen Amerika Serikat menjadi khawatir bahwa bisa saja Moldova memutuskan untuk  menjual MiG-29 Fulcrum eks Soviet tersebut ke Iran.

Proses loading MiG-29 Moldova ke dalam C-17 Globemaster
Proses loading MiG-29 Moldova ke dalam C-17 Globemaster

Wajar saja mengingat MiG-29 Moldova tersebut merupakan versi original, bukan versi eskport yang sering dijuluki mongkey model karena kemampuannya sudah didiskon, walau harga jualnya dinaikkan. Intelijen Amerika pun bahkan menjadi lebih khawatir kembali ketika menerima informasi tambahan bahwa 14 unit dari MiG-29 tersebut adalah versi MiG-29C.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

8 COMMENTS

  1. Dan sebaliknya, bnyak juga alutsista US yg d dapat oleh Rusia, tp tdk d pubkasikan, salah satunya perpur legendaris F14 Tomcat yg d dapat dr Iran. Tanpa mempelajari teknologi Rusia, USA tdk mungkin bs semaju sekarang, krn sejak era MIG15 smpe MIG21 saja US sdh kalah telak bahkan d kelas pesawat pembom jarak jauh, sayang krismon menerpa USSR, kl tdk bs kita banyangkan gmn digdayanya Rusia, mungkin sm kl Jerman spt ketika era Hitler, krn teknoligi alutsista skrng dasarnya dr era Hitler

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

UAV Rajawali 330 Akan Perkuat TNI AD

UAV Rajawali 330 Akan Perkuat TNI AD

0
Hobbymiliter.com - Setelah ada drone Wulung dan Aerostar, kini Kementerian Pertahanan pesankan satu jenis drone lagi untuk TNI AD. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengungkapkan...

Recent Comments