Friday, June 24, 2022
HomeMiliterAlutsistaSANCAR USV Kapal Bersenjata Tanpa Awak Buatan Turki Resmi Diluncurkan

SANCAR USV Kapal Bersenjata Tanpa Awak Buatan Turki Resmi Diluncurkan

Hobbymiliter.com – SANCAR USV Kapal Bersenjata Tanpa Awak Buatan Turki Resmi Diluncurkan. Galangan kapal Yonca Onuk JV asal Turki resmi meluncurkan produk kapal tanpa awak yang dilengkapi dengan persenjataan yang diberi nama SANCAR USV (Unmanned Surface Vessel). Peluncuran kapal bersenjata tanpa awak tersebut dilakukan pada hari Selasa, tanggal 7 Juni 2022 waktu setempat. Dalam acara seremonial peluncuran wahana nir awak atas permukaan air bersenjata yang dilaksanakan di Istanbul tersebut, turut hadir sebagai tamu undangan kehormatan kepala Presidensial Industri Pertahanan Turki (Savunma Sanayii Ba?kanl???, disingkat SSB,Red) Prof. Ismail Demir. Dalam sambutannya, Prof. Ismail Demir menyebut pentingnya proyek ini bagi industri pertahanan dalam negeri Turki dan pihak Militer Turki.

BACA JUGA :  China Sebut Pesawat P-8 Poseidon AU Australia Diatas Laut China Selatan Sebagai Ancaman

Dalam sambutannya, Prof. Ismail Demir menyebut bahwa Turki berniat untuk menjadi salah satu negara yang mempelopori pengembangan wahana tanpa awak atas permukaan air bersenjata dengan membawa serangkaian pengalaman serta ilmu pengetahuan yang telah didapat dari pengembangan wahana pesawat tanpa awak bersenjata atau UCAV (Unmanned Combat Aerial Vessel). Ia juga menekankan bahwa saat ini Turki tengah mengembangkan banyak proyek pembangunan kapal tanpa awak yang dilengkapi dengan sistem senjata, dan SANCAR USV adalah salah satunya. Menurutnya, saat ini adalah waktu yang kritikal bagi Turki untuk segera memiliki armada kapal bersenjata tanpa awak yang dapat beroperasi di lingkungan operasional terintegrasi (dengan asset militer Turki yang lainnya) guna mempersiapkan diri untuk keadaan dan tantangan operasional di masa yang akan datang.

BACA JUGA :  Thailand Ketagihan Beli Pesawat Buatan PTDI Indonesia

SANCAR USV merupakan kapal bersenjata tanpa awak yang dibuat berdasarkan Kerjasama antara galangan kapal Yonca Onuk dengan perusahaan Havelsan. Kapal bersenjata tanpa awak SANCAR USV ini merupakan kapal bersenjata tanpa awak yang ketiga yang diluncurkan oleh industri pertahanan dalam negeri Turki setelah sebelumnya industri pertahanan dalam negeri Turki meluncurkan ULAQ USV dan SALVO USV. Memiliki ukuran dimensi panjang 12,7 meter dengan bobot benaman 9 ton, kapal bersenjata tanpa awak ini sanggup melaju hingga kecepatan maksimal 40 knot (74 kilometer per jam) dan menjangkau jarak maksimal sejauh 400 mil laut (740 kilometer). Kapal bersenjata tanpa awak SANCAR USV dipersenjatai dengan 1 unit senapan mesin berat kaliber 12,7 milimeter yang dioperasikan dengan sistem kendali Remote Controller (Remote Weapon System, disingkat RWS,Red) dan 4 unit rudal UMTAS atau L-UMTAS.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

11-pesawat-pengebom-us-air-force-unjuk-gigi-di-perbatasan-korut

Lagi, Pesawat Pengebom US Air Force Unjuk Gigi Di Perbatasan Korut

0
Hobbymiliter.com - Dua unit pesawat pengebom Boeing (Rockwell) B-1B Lancer milik US Air Force kembali unjuk gigi di wilayah udara Korea Selatan pada hari...

Recent Comments