Pesawat Tua Jagoan Milik Amerika Yang Masih Beroperasi

0
9058

Dari sedikit sharing diatas, kita bisa mengetahui, bahwa usia bukan sebuah alasan untuk mengoperasikan sebuah Angkatan Udara terkuat dan terbesar di dunia. Yang terpenting adalah perawatan rutin, serta profesionalitas personel dan kru perawatan. Ini semua harus didukung oleh anggaran rutin dan industri pertahanan yang mumpuni.

Harap diingat, anggaran perawatan dan upgrade ini tidak lah kecil, bahkan anggaran upgrade sebuah pesawat tua KC-135 pun relatif tinggi, sekitar 24 juta dollar per pesawat (sehingga rencana USAF untuk mengupgrade semua armada KC-135 nya dibatalkan oleh kongres).

BACA JUGA :  Kisah Pengembangan Rudal Anti Satelit Amerika

Dan sudah menjadi momok dimana-mana, musuh utama dari Pertahanan adalah pemotongan anggaran. Sebuah peluang juga, karena banyak diantara pesawat pesawat yang terpaksa dipensiunkan tersebut adalah salah satu jago tua US yang baru saja diperbaiki dan diupgrade, dengan usia pakai yang masih relatif panjang dan kemampuan yang tidak kalah dengan pesawat pesawat generasi terbaru.

Tinggal bagaimana sang pemilik baru jago jago tua ini? Sanggupkah mereka merawat mereka seapik depohar USAF? Dan membuat mereka kembali bertaji di udara?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here