Sevastopol, salah satu kapal induk kelas Mistral pesanan Russia.
Sevastopol, salah satu kapal induk kelas Mistral pesanan Russia.

HobbyMiliter.com – Media Perancis melaporkan bahwa Mesir dan Arab Saudi menyatakan tertarik untuk mengakuisisi kedua kapal induk helikopter Mistral buatan galangan kapal Perancis yang sedianya akan dikirimkan ke Russia, namun gagal karena dijatuhkannya embargo senjata.

“Mesir dan Arab Saudi benar benar menginginkan kedua Mistral” kata seorang pejabat yang tidak mau disebut namanya kepada media Perancis, Le Monde. “Raja Salman ingin membangun suatu armada laut yang mampu melakukan regional power projection di kawasan laut Merah dan Mediterania” kata sumber tersebut.

BACA JUGA :  Antisipasi Gejolak Timor Leste, TNI Siagakan 2 Batalyon di Perbatasan

Laporan mengenai ketertarikan kedua negara terhadap kepemilikan kedua kapal induk kelas Mistral tersebut muncul ke permukaan sehari setelah kunjungan Presiden Perancis François Hollande ke pembukaan extension baru terusan Suez di kota pelabuhan Ismailia, Mesir Kamis lalu (6/8).

Ketika diwawancarai reporter di Ismailia, Presiden Perancis François Hollande menyebutkan bahwa Perancis tidak akan kesusahan dalam mencari pembeli kedua kapal induk kelas Mistral yang asalnya dibuat untuk angkatan laut Russia.

Dua buah kapal induk helikopter kelas Mistral ini awalnya dibuat untuk Russia, dan sedianya akan diserahterimakan di akhir tahun ini dalam suatu perjanjian yang bernilai lebih dari $1.3 Milyar USD. Namun setelah selesai, Perancis menolak menyerahkannya ke Russia akibat ketidaksetujuan Perancis atas keterlibatan Russia dalam konflik di Crimea dan Ukraina Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here