Tontaikam direncanakan akan divalidasi dan dikembangkan menjadi Kompi
Tontaikam direncanakan akan divalidasi dan dikembangkan menjadi Kompi.

Lebih jauh perwira pertama yang lama berkarir di Sat-81 Gultor Kopassus TNI AD ini menerangkan, sebagai satu-satunya pleton motoris yang dilengkapi dengan sejumlah jenis sepeda motor khusus, Panser angkut personil jenis Anoa 6×6 dan Panser Intai, Tontaikam sering dilibatkan dalam pengamanan event-event besar kenegaraan dengan pola Bawah Perintah (BP) ke Paspampres.

“Kita memang spesialisasinya di motoris yang didukung dengan sepeda motor Suzuki Special Engine 125cc, Kawasaki D-Tracker 150cc untuk patroli Ibu Kota, serta Kawasaki Ninja 250cc untuk PAM VVIP. Kedepannya, kita akan meng-upgrade dengan tambahan Kawasaki Ninja 650cc,” papar Eko.

BACA JUGA :  Pelatihan Operator Simulator Multi Ranpur TNI AD

Lanjut Eko, sebagai pleton motoris yang bertanggung jawab terhadap keamanan Ibu Kota, Tontaikam Brigif-1 PIK/JS tidak hanya memiliki fungsi operasi tempur dan operasi bantuan. Pleton elite ini juga memiliki fungsi operasi intelijen dan pembinaan teritorial atau kewilayahan.

“Karena memang memiliki fungsi pengamanan Ibu Kota, tentu operasi intelijen dan pembinan teritorial tidak bisa dipisahkan. Tapi tidak direct action, tentunya berjenjang dari Kasi Intel, Danbrigif-1 PIK/JS dan Pangdam Jaya/Jayakarta. Karena unit ini digerakan dengan perintah Pangdam Jaya/Jayakarta,” terang Eko.

BACA JUGA :  Foto Foto Sangar Kamov Ka-52, Cocok Untuk Jadi Heli Kavaleri Udara Marinir?

Ditambahkan olehnya, dengan mempertimbangkan pengalaman operasional dan luas wilayah penugasan yang sama dengan luas wilayah di bawah Kodam Jaya/Jayakarta, Tontaikam direncanakan akan divalidasi dan dikembangkan menjadi Kompi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here