Wednesday, June 29, 2022
HomeBerita Militer DuniaMiliter AmerikaBoeing Serahkan Unit Pesawat Tanker KC-46A Ke-19 Untuk USAF

Boeing Serahkan Unit Pesawat Tanker KC-46A Ke-19 Untuk USAF

Boeing Serahkan Unit Pesawat Tanker KC-46A Ke-19 Untuk USAF – HobbyMiliter.com – Raksasa industri pertahanan dan produsen pesawat terbang terkemuka di dunia, Boeing kembali mengirimkan unit pesawat tanker KC-46A untuk Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF). Setelah sebelumnya berhasil mengirimkan sebanyak 18 unit pesawat tanker ke USAF selaku pembeli, Boeing kembali mengirimkan unit ke-19 pesawat tanker udara KC-46A Pegasus kepada AU Amerika Serikat tersebut. Pesawat tanker udara tersebut secara resmi diserahkan kepada AU Amerika Serikat pada tanggal 29 Agustus 2019. Meski demikian, nampaknya Boeing baru memberikan rilis berita kepada pers kemarin, Rabu, 4 September 2019.

BACA JUGA :  Pasang Sistem THAAD Milik AS, Tiongkok Sebut Korsel Khianati Sikap Saling Percaya

Dilansir situs media informasi pertahanan dan keamanan internasional Jane’s, Boeing menyatakan pada tanggal 3 September 2019 bahwa sebanyak dua unit pesawat tanker yang akan mengisi pangkalan udara McConnell AFB, Kansas telah secara resmi diserahkan ke pihak Angkatan Udara Amerika Serikat.

Charles Ramey, salah seorang juru bicara dari pihak Boeing menyatakan bahwa penyerahan kontraktual dapat dikatakan terjadi secara sah apabila berkas-berkas yang berkaitan dengan serah terima tersebut telah ditandatangani. Dalam proses serah terima tersebut, maka pesawat akan secara resmi dihapus dari catatan kepemilikan Boeing dan kepemilikannya berpindah ke tangan Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) selaku pembeli.

BACA JUGA :  Komandan AS Wilayah Timteng Bantah Terlibat Dalam Serangan Kudeta Turki

Meski telah memberikan sederet informasi tersebut, Ramey belum yakin kapan pesawat tanker udara tersebut akan lepas landas dari fasilitas Boeing yang berada di Seattle untuk kemudian terbang menuju pangkalan udara McConnell AFB, Kansas.

Boeing KC-46A “Pegasus” merupakan pesawat tanker udara yang dikembangkan oleh Boeing berdasar pada basis pesawat udara Boeing 767. Pada tahun 2011, Angkatan Udara Amerika Serikat atau United States Air Force (USAF,red) memilih KC-46A “Pegasus” sebagai pemenang dalam kompetisi KC-X, sebuah program dimana AU AS mencari pesawat tanker udara pengganti pesawat Boeing KC-135 “Stratotanker”.

BACA JUGA :  Israel Mulai Gunakan Torpedo Jenis Baru Kaved

KC-46A Pegasus mulai dikirimkan secara parsial kepada Angkatan Udara Amerika Serikat pada bulan Januari 2019. Saat ini, Boeing telah mengkonfirmasi sebanyak 18 unit pesawat telah diserahkan kepada Angkatan Udara Amerika Serikat selaku pengguna utama atau Primary User dari pesawat tanker udara ini.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

PCSV Singapura

Singapura Luncurkan PCSV, Kendaraan MRAP Pertamanya

0
HobbyMiliter.com - Angkatan Darat Singapura, baru – baru ini meluncurkan platform kendaraan anti ranjau pertama produksi dalam negeri Singapura. Kendaraan ini dinamai Belrex Protected...

Recent Comments