Tuesday, March 19, 2024
HomeBlog MiliterSejarahMengenal Tokoh dan Sejarah Muhammadiyah

Mengenal Tokoh dan Sejarah Muhammadiyah

Mengenal Tokoh dan Sejarah Muhammadiyah – HobbyMiliter.com – Sejarah Muhammadiyah sebagai organisasi Islam yang besar di Indonesia dimulai sejak didirikan tahun 1912 oleh K. H. Ahmad Dahlan.

Sejarah Muhammadiyah

Latar belakang berdirinya Muhammadiyah adalah untuk memurnikan ajaran Islam yang menurut anggapan orang banyak dipengaruhi berbagai hal mistik. Hingga dengan begitu K. H. Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah di Kampung Kauman Yogyakarta pada tanggal 18 November 1912 dan sejak itu ditetapkan sebagai tanggal lahir Muhammadiyah.

Lahirnya Muhammadiyah diawali dengan pendirian basis dakwah untuk wanita dan kaum muda yang berupa pengajian Sidratul Muntaha. Nama Muhammadiyah sendiri awalnya diusulkan Muhammad Sangidu, Ketib Anom Kraton Yogyakarta seorang tokoh pembaruan. Usul tersebut kemudian disetujui Kyai Dahlan setelah sholat istikharah.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Isi Teks Dekrit Presiden 5 Juli 1959

Isi Teks Dekrit Presiden 5 Juli 1959

0
DEKRET PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA/PANGLIMA TERTINGGI ANGKATAN PERANG TENTANG KEMBALI KEPADA UNDANG-UNDANG DASAR 1945 Dengan rachmat Tuhan Jang Maha Esa, KAMI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA/PANGLIMA TERTINGGI ANGKATAN PERANG Dengan ini menjatakan...

Recent Comments