Kiprah Detasemen Bomber Nuklir Handley Page Victor RAF Di Masa Konfrontasi RI-Malaysia. Para Pengawak Pesawat Pembom Victor Sedang Berfoto Bersama Didepan Pesawat Pembom Strategis Handley Page Victor, Saat Tiba Di RAF Tengah, Singapura.Sumber : finesthourwarbirds

HobbyMiliter.com – Kiprah Detasemen Bomber Nuklir Handley Page Victor RAF Di Masa Konfrontasi RI-Malaysia. Mungkin sebagian diantara anda pernah membaca artikel di beberapa media cetak dan media daring / media online soal kondisi Indonesia pada masa Konfrontasi dengan Malaysia yang kala itu begitu genting hingga Ibukota Jakarta bahkan nyaris akan di bom nuklir oleh pihak Inggris jika kekuatan militer Indonesia berupaya menguasai semenanjung Malaya dan mencoba mengambil alih juga wilayah Federasi Malaysia yang berada di daratan pulau Borneo (Kalimantan,red).

Baca juga :   Vietnam Terima Kunjungan Kapal Perang Tiongkok Di Tengah Konflik

Pada masa genting tersebut, Angkatan Udara Inggris atau Royal Air Force (disingkat RAF,red) menyiagakan kekuatan tempurnya untuk melindungi negara Federasi Malaysia yang baru terbentuk kala itu dengan mengirimkan elemen pesawat tempur Gloster Javelin yang digunakan untuk menghadang pesawat tempur milik AURI kala itu, elemen pesawat pencegat Electric Lighting yang disiapkan untuk menghadang (dan bila mungkin melumpuhkan atau menjatuhkan) armada pesawat pembom strategis Tupolev Tu-16 Badger milik AURI, elemen pesawat angkut untuk memenuhi kebutuhan logistik pasukan darat yang sering kali terlibat kontak tembak dengan milisi sukarelawan bentukan Indonesia, serta elemen pesawat pembom strategis Avro Vulcan dan Handley Page Victor.

Baca juga :   Koalisi AS Siap Lancarkan Operasi Pembebasan Raqqa dari Tangan ISIS

Elemen sistem senjata terakhir yang disebut oleh penulis inilah yang akan dibahas lebih lanjut dalam artikel kali ini. Pada masa kampanye Dwikora, yang oleh Inggris disebut sebagai masa Konfrontasi, pihak Inggris menganggap bahwa pemerintah Republik Indonesia yang kala itu dipimpin oleh Presiden Soekarno tidak main – main dengan ide menggunakan kekuatan militer yang dimiliki Indonesia untuk menggagalkan pembentukan negara Federasi Malaysia. Sebagai bentuk komitmen Kerajaan Britania Raya dalam melindungi negara bentukannya tersebut, dikirimkan kekuatan militer untuk “menandingi” dominasi militer Indonesia di kawasan Asia Tenggara kala itu.

Baca juga :   USMC Persiapkan Operasional Skuadron F35B Diatas LHD

Kali ini, HobbyMiliter.com akan menghadirkan kepada anda kiprah aset pesawat pembom strategis Handley Page Victor dalam menunjang operasi militer RAF di masa Konfrontasi RI-Malaysia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here