Deretan L-159 Ceko.
Deretan L-159 Ceko.

Permintaan AU
Proses lahirnya L-159 sendiri tak bisa lepas dari permintaan AU Cekoslovakia akan kebutuhan jet tempur ringan (Advance Light Combat Aircraft-ALC A). Soalnya setelah Pakta Warsawa bubar, AU Ceko berancar-ancar komposisi kekuatan udaranya akan berjumlah 100 pesawat tempur. Sejumlah 24 pesawat merupakan jet tempur utama supersonik berteknologi tinggi. Sedang sisanya bakal diisi dengan jet-jet tempur ringan buatan dalam negeri.

Untuk menjawab kebutuhan itulah Aero kemudian menelurkan L-159, Striker terbang asal Ceko. Dari sosoknya pesawat ini nyaris tak berbeda dengan pendahulunya L-39/59. Hanya saja untuk L-159 A, kursi belakang digusur guna menempatkan perangkat avionik dan elektronik tambahan. Sedang bagian hidung tampak lebih gemuk lantaran dijejali radar penjejak sasaran. Itu baru sosok luarnya.

BACA JUGA :  Helikopter Lynx Milik AL Korea Selatan Jatuh Saat Latihan Bersama Amerika Serikat, Tiga Orang Kru Hilang

Begitu melongok ke dalam kokpit tak pesawat ini. Tak ada lagi tombol-tombol manual yang bertebaran. Dua layar tampilan multi fungsi serta HUD (Head Up Display) mendominasi panil kokpit. Yang jelas semuanya tertata dengan rapi. Setara dengan F-16 Fighting Falcon atau F/A-18 Hornet di versi awalnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here