Su-27 Angkatan Udara Ethiopia. Pesawat Su-27 vs MiG-29
Su-27 Angkatan Udara Ethiopia

Dogfight Sukhoi Su-27 vs MiG-29 Dalam Perang Sungguhan – HobbyMiliter.com. Penggalan kisah ini terjadi di tanggal 25 Februari 1999. Pagi itu 2 buah Sukhoi Su-27 terdeteksi berpatroli di sepanjang perbatasan Ethiopia/Eritrea. Flanker tersebut milik AU Ethiopia (EtAF). Sebagai balasan, 4 buah MiG 29 AU Eritrea (ERAF) segera sramble dan dikirim untuk intercept dari Pangkalan Udara Amara, ibukota Eritrea.

Tidak butuh waktu lama, radar kedua Flanker tersebut mendeteksi flight Fulcrum ERAF dan break off. Manuver itu dilakukan tepat waktu karena ketika itu tiba tiba mereka diserang beberapa rudal R27/AA-10 dari MiG-29 yang datang mendekat.

BACA JUGA :  Kapal ADRI XLVI TNI-AD

Kedua Sukhoi Su-27 Flanker berhasil langsung membuat evading manuver. Sehingga rudal rudal itu missed semua. Tidak berhasil melukai satu flanker pun. Sekarang, giliran flangker yang melakukan manuver memutar balik pesawatnya dan mengejar MiG-29 Fulcrum tadi. Dogfight terjadi.

Flight Leader Su-27 Flanker Angkatan Udara Ethiopia, Mayor Workneh dari EtAF mengunci salah satu Fulcrum dan mensalvonya dengan beberapa rudal R27. Pilot2 ERAF pun langsung evading dan kabur. Rudalnya meleset.

Tidak terima begitu saja, Sukhoi Su-27 Flanker, dengan mesinnya yang lebih besar tenaganya, mencoba mengejar. Mayor Workneh pun kembali menembakkan sebuah R73 setelah berhasil mengunci salah satu Fulcrum. Dan Kena!

BACA JUGA :  Kirim Tank Ke Perbatasan, Tiongkok Ancam Cabut Investasi di India

Pagi itu, hanya 3 MiG 29 yang kembali ke Amara sebagai akibat dari pertempuran Su-27 vs MiG-29 tersebut.

Jaman itu, baik Ethiopia maupun Eritrea mendapatkan pesawat tempur pesawat tempur bekas dari negara negara pecahan Uni Soviet. Ethiopia membeli Sukhoi Su-27 jaman dinosaurus dari eks simpanan Rusia. Sedangkan Eritrea mendapatkan sejumlah MiG-29 peninggalan Uni Soviet dari Ukraina. Mereka berdua juga mendatangkan tentara tentara bayaran eks anggota militer kedua negara untuk menjadi instruktur bagi pilot, teknisi dan ground suportnya.

BACA JUGA :  Pemandangan kokpit dari team aerobatik Rusia

Dengan pesawat pesawat tersebut kedua belah pihak melakukan serangan serangan udara guna mendukung gerak pasukan darat yang berperang di perbatasan kedua negara.

BTW. 24 jam pertempuran Su-27 vs MiG-29 kembali terjadi. Sebuah MiG 29 ERAF kembali menjadi korban Flanker EtAF yang kala itu dipiloti seorang WANITA. Tapi itu cerita di hari lain.

8 COMMENTS

  1. kelihatan banget sukhoi itu kelas super manuver, tapi ada yg janggal kok bisa sukhoi yg notabene kecepatannya dibawah mig kok bisa ngejar, gw yakin yg satu itu kena karna dogfight.

  2. Kalau di lukisan.. Punya alat lukis bagus mahal tapi yg makai gak bisa melukis bagus ya hasilnya jelek.. Saya kira begitupun Jet tempur.. Alat bagus yg gunakan juga bagus.. Pelatihan bagus… Recruitmen juga bagus.. Di buka seluas luasnya.. Sebanyak2nya Buat pemuda Indonesia..seleksi fisik, mental, respon gerakan(dengan alat khusus Simulator jet tempur misalnya) Jangan ada sogokan apalagi buat jadi pilot pesawat jet tempur… Be Top Gun.

  3. Lihat Indra Safri setahun lalu bisa bikin gebrakan Timnas u19 (Dream Team) tahun lalu, dengan seleksi ketat Objektif dan memberikan kesempatan pada banyak Talenta Muda Indonesia sampai pelosok Nusantara(sistem jemput bola) ……….. tapi tahun2 sebelumnya dia pernah gagal karena bikin Timnas yang isinya “Titipan” orang penting(orang dekat) yg ingin si”A”atau si “B” yg di promosikan bagus buat Timnas…?? . /buat Jet tempur Pilot Recruitmen juga seperti itu…. Beri kesempatan Seluasnya buat Talenta Muda Indonesia.

  4. No tipu-tipu.. Jangan ada uang masuk /Orang titipan dalam recruitmen itu penting. Demi kualitas Pilot jet tempur. Mari jaga bersama.

  5. Dari mulai muncul MIG banyak kelemahannya. Ingat perang israel – sirya banyak banget yang rontog… uda deh gak usa beli MIG drpd migelin aje jadinye

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here