Prajurit VDV memasuki Il-76 untuk suatu operasi.
Prajurit VDV memasuki Il-76 untuk suatu operasi.

HobbyMiliter.com – Vozdushno-Desantnye Vojska (VDV) alias Airborne Assault Troop merupakan unit Pasukan Linud Russia (airborne/air assault) di lingkungan Angkatan Bersenjata Russia. Posisi VDV sangatlah unik, karena sejarah satuannya yang panjang dan pernah pula menjadi kesatuan lintas udara terbesar di dunia. Di lingkungan Angkatan Bersenjata Russia, VDV adalah matra tersendiri di luar Angkatan Laut, Angkatan Darat dan Angkatan Udara.

Pertama kali dibentuk di jaman Uni Soviet di akhir periode-30an dan terjun di Perang Dunia II, VDV berkembang hingga pernah berkekuatan lebih dari 10 Airborne Corps dan lusinan Independent  Airborne Brigades hingga mencapai status Guards.

Baca juga :   Battle Proven Su-34, Rusia Future Best Seller

Ketika perang usai, Pasukan Linud Russia ini diregroup sebagai Guards Rifle Division. Hasil kaji ulang menghasilkan perubahan struktur menjadi tujuh Air Assault Division.

Dengan resimen Independent Air Assault dan lebih dari 16 Air Assault Brigades. Semua satuan ini lalu membentuk komando VDV tersendiri yang menghasilkan sebuah unit tempur bersifat Rapid Strike Force untuk misi misi strategis.

Dengan bubarnya negara Uni Soviet, divisi VDV menciut dari tujuh divisi menjadi empat divisi, yaitu 7th Airborne Division, 76th Airborne Division, 98th Airborne Division dan 106th Division. Setiap divisi berkekuatan sekitar 6000 personel.

Baca juga :   Serangan udara Russia menghancurkan Markas ISIL di Suriah

Walau jumlah divisi berkurang dan dengan demikian jumlah personel, VDV tetap menjadi inti kekuatan Rapid Reaction Force Russia alias pasukan standby 24 jam.

Tidak seperti unit sejenis di belahan Barat yang lebih banyak bermanuver dengan kaki ketika berada di sasaran, VDV banyak menggunakan kendaraan lapis baja BMD-1 (Boyevaya Mashina Desanta, alias “Combat Vehicle of the Airborne”). Setiap divisi mempunyai 3 resimen BMD-1. Namun di tahun 2004 Departemen Pertahanan Russia mengumumkan bahwa VDV akan menerima ranpur baru jenis BMD-4.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here