SSV 2 Ready to launch
Kapal SSV 2 pesanan AL Filipina yang dibuat PT. PAL Indonesia (Persero) nampak sudah di cat dan siap untuk diluncurkan.Sumber : JMP / Istimewa.

Departemen Pertahanan Filipina telah memesan sebanyak 2 unit kapal perang jenis Strategic Sealift Vessel (SSV) kepada perusahaan BUMN galangan kapal nasional Indonesia, PT. PAL (Persero) dalam kontrak senilai 3.87 juta Peso. Kapal pertama dinamai BRP Tarlac dengan pennant number 601, telah sukses dibuat dan kini telah berdinas dalam jajaran Angkatan Laut Filipina. Adapun kapal kedua telah mencapai proses Finishing dan akan segera diluncurkan. Banyak pihak dari kalangan antusias militer Filipina sudah tidak sabar menanti kedatangan kapal ini, dan tentu topik hangat yang dapat menarik perhatian mereka adalah mengenai penamaan kapal kedua tersebut.

Baca juga :   India dan Rusia Akan Teken Kontrak Pembelian Rudal SAM S-400 Triumf

Kapal kedua dari kelas SSV yang dipesan oleh Filipina akan diberi nama BRP Davao Del Sur dengan pennant number 602. Hal ini diketahui setelah muncul sebuah potret yang menunjukkan bagian pintu rampa belakang kapal yang telah di cetak tulisan “DAVAO DEL SUR”.

Nama SSV 2
  • Facebook
  • Google+
  • Twitter
  • Tumblr
  • Pinterest
Pintu Rampa Belakang kapal SSV 2 tempat dicetaknya tulisan nama kapal, Davao Del Sur.
Sumber : JMP / Istimewa.

Untuk kelas SSV ini, nama – nama yang digunakan ialah nama kota di Filipina. Muncul dugaan bahwa pengambilan nama Davao Del Sur juga berkaitan dengan sentimen politik dimana daerah Davao merupakan daerah yang dulunya dipimpin oleh presiden Filipina yang baru, Rodrigo Duterte semasa masih menjabat sebagai walikota.

Baca juga :   Video Kapal Teluk Bintuni Angkut Tank

Terlepas dari spekulasi politik dan pemaknaan nama tersebut, kini proses pembangunan SSV 2 semakin mendekati kata “tuntas”. Keseluruhan badan kapal beserta mesin telah dirakit dan wujud kapal telah nampak seutuhnya. Foto terbaru menunjukkan kondisi kapal yang sudah di cat keseluruhan body nya dan nampak siap untuk diluncurkan dari dok.

Jangan lupa isi form komentar di bawah
ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here