Monday, August 8, 2022
HomePasukan Tiongkok Masuki dan Klaim 45 Kilometer Wilayah Perbatasan India

Pasukan Tiongkok Masuki dan Klaim 45 Kilometer Wilayah Perbatasan India

Hobbymiliter.com – Setelah memasuki kawasan perbatasan Ladakh di timur laut India pada awal September kemarin, pasukan Tiongkok kini merangsek 45 kilometer ke dalam teritori kedaulatan India di negara bagian Arunachal Pradesh. Disana, pasukan Tiongkok membangun posko sementara dan mengklaim bahwa daerah tersebut adalah milik Tiongkok.

Laporan dari Distrik Anjaw di Arunachal Pradesh menyebutkan, lebih dari 40 orang tentara Tiongkok mendirikan tenda di titik yang dinamakan “Plum Post.” Titik tersebut berada 45 kilometer ke dalam Garis Kendali Daulat (Line of Actual Control) yang dimiliki India di distrik tersebut.

BACA JUGA :  Indo Defence 2016 : Mock Up Tank Boat Ditampilkan

Sumber pemerintah setempat mengatakan bahwa gerak-gerik pleton Tiongkok tersebut pernah terdeteksi oleh patroli gabungan Polisi Perbatasan Indo-Tibetan (ITBP) dan militer India pada 9 September silam. Saat itu, ITBP dan tentara India sedang mengadakan latihan gabungan wajib di perbatasan Arunachal Pradesh.

Namun, tentara Tiongkok bersikeras ingin tetap bertahan di titik tersebut, sembari mengklaim bahwa daerah itu adalah milik kedaulatan negara mereka.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

92-kurdistan-irak-serukan-referendum-pembentukan-negara-sendiri

Kurdistan Irak Serukan Referendum Pembentukan Negara Sendiri

0
Hobbymiliter.com - Presiden Pemerintah Regional Kurdistan Irak (KRG), Masoud Barzani telah menyerukan referendum kemerdekaan tanpa ikatan. “Referendum ini bukan berarti (kami) akan memproklamasikan negara sendiri, namun...

Recent Comments