Kamov Ka-52KSeperti helikopter yang didesain oleh Kamov lainnya, Ka-52K juga menggunakan konfigurasi rotor dengan tipe contra-rotating. Rotor disusun bertumpukan dengan arah putaran yang berbeda. Konfigurasi ini menghilangkan kebutuhan akan tail rotor, seperti yang ada pada helikopter lainnya. Kelemahannya, konfigurasi ini akan lebih sulit dirawat karena parts yang diperlukan lebih banyak.

Kamov Ka-52KPada Ka-50, helikopter diterbangkan oleh pilot tunggal. Namun pada perkembangannya, kompleksnya sistem terbaru memaksa Kamov untuk menambahkan seorang awak lagi pada Ka-52, jadilah Ka-52 memiliki konfigurasi dual-seat pilot, dengan masing masing duduk berdampingan.

BACA JUGA :  Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura

Kamov Ka-52KKa-52 diterbangkan oleh seorang pilot dibantu seorang awak (ko-pilot) yang bertugas untuk mengoperasikan peralatan optronic/radar dan subsistem lain. Tidak seperti heli serang lainnya yang mengkonfigurasi awak kedua berada di depan pilot, Kamov mendisain tempat duduk kedua awak berdampingan karena menganggap kerjasama antarawak akan terjalin lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here