Tadinya, Angkatan Laut Russia akan memesan 40 unit Kamov Ka-52K untuk memenuhi kebutuhan heli serang bagi dua kapal LHA nya, Vladivostok dan Sevastovol. Dari 40 helikopter ini sudah selesai 4 unit, yang unit pertamanya melakukan first flight pada 7 Maret 2015.

Kamov Ka-52KSeiring pembatalan penjualan kedua kapal kelas Mistral dari Perancis ke Russia, maka ke-40 heli yang dipesan Angkatan Laut Russia tersebut pun jadi terhambat. Karena kebutuhan yang menjadi dasar pemesanan heli tersebut sudah tidak ada. Namun, ketika Perancis berhasil menjual kedua kapal kelas Mistral eks pesanan Russia tersebut ke Mesir, Rosoboronexport pun mendekati Mesir untuk menjual slot produksi Kamov Ka-52K pesanan Russia yang tadinya akan menghuni kedua Mistrall Class di AL Russia.

BACA JUGA :  K2 Black Panther, MBT super mahal Korea Selatan tahun 2009

Kamov Ka-52KSetelah tawar menawar, akhirnya pemerintah Mesir pun menyetujui untuk membeli 50 helikopter Kamov Ka-50K untuk mengisi kedua Mistral yang baru saja dibelinya dari Perancis. Kamov Ka-50K pun akhirnya akan ber-home-base di kapal yang memang menjadi alasan heli ini didesain, hanya saja sekarang bendera dan pemiliknya berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here