Ka-52K pada dasarnya adalah Ka-52 yang di-navalized-kan. Kamov mendisain Ka-52K untuk beroperasi dari perairan laut dan samudera, karena itu cukup banyak peningkatan yang dilakukannya dibandingkan dengan Ka-52 versi standar.

Yang pertama adalah ditambahkannya perlindungan anti karat. Beroperasi dari perairan berkadar garam tinggi akan membuat pesawat rentan terhadap serangan karat, yang pada akhirnya, jika tidak ditangani serius, akan membawa pesawat pada kegagalan sistem. Hal terburuknya, kegagalan sistem saat terbang yang mengakibatkan helikopter jatuh. Karena hal ini, Kamov pun mengaplikasikan sistem anti karat khusus pada helikopter Kamov Ka-52K ini.

BACA JUGA :  Foto Pabrik Pembuat Tank Sekutu di Perang Dunia II

Kamov Ka-52KPenambahan berikutnya adalah dipasangnya fire-control radar baru yang bisa beroperasi pada “sea mode” dan diset untuk dapat mendukung penembakan rudal anti kapal. Maklum saja, heli ini tadinya akan beroperasi dari kapal, dan akan menjadi kepanjangan mata, telinga dan tangan kapal induk kelas mistrall Russia yang tadinya akan dimiliki, namun gagal.

Kamov Ka-52KKamov Ka-52K dipersenjatai dengan kanon 30mm dengan 460 butir amunisi. Heli ini juga dilengkapi dengan sistem datalink yang membuat satu heli membabat target yang dijejak oleh heli lain, atau bahkan oleh pasukan darat yang dilengkapi dengan datalink tersebut. Kabarnya, sebagai aset Angkatan Laut, Ka-52K juga bisa dilengkapi dengan rudal Kh-35, sebagai senjata anti kapal permukaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here