KAI T-50 assembly.

HobbyMiliter.com – Thailand pada bulan September lalu telah menandatangani kontrak pembelian jet latih tempur T-50, seperti yang sebelumnya sudah dibeli Indonesia dan dipesan Filipina. Jet latih tempur T-50 Thailand ini akan dinamakan T-50TH.

Thailand membeli 4 buah T-50TH dengan kontrak senilai $110 juta Dollar, yang akan dipenuhi KAI dalam waktu 30 bulan. Diperkirakan, 4 pesawat ini hanyalah pesanan awal, karena inventori pesawat yang digantikan T-50TH ini, L-39 buatan Ceko, jumlahnya cukup banyak, sekitar 34 pesawat.

T-50TH diperkirakan akan dilengkapi dengan radar canggih, namun belum jelas apakah radar yang dimaksud adalah EL/M-2032 buatan Israel. Yang jelas, Pemerintah Thailand menginginkan adanya perangkat RWR terpasang di pesawat ini, memberi sedikit petunjuk tentang kemungkinan adanya kemampuan BVR T-50TH.

BACA JUGA :  AS Kecam Kunjungan Presiden Taiwan Ke Area Sengketa Laut Cina Selatan

T-50TH juga akan diperlengkapi dengan MIL-STD-1760 Weapon Interface data bus mampu melakukan serangan presisi dengan smart bomb. Countermeasures dispenser system dan Link-16 masih belum pasti.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here