Saturday, April 27, 2024
HomeSebutan Bagi IFV Marder : Panser Marder Atau Tank Marder

Sebutan Bagi IFV Marder : Panser Marder Atau Tank Marder

Kesimpulan dan Penutup

Penyebutan terhadap suatu kendaraan tempur tidak hanya semata dilihat dari penempatan kendaraan tersebut atau roda penggerak kendaraan tempur tersebut. Bagaimana orang menafsirkan suatu ranpur sebagai Panser dan Tank tentu berbeda pada masing – masing pihak. Namun demikian, jika kita melihat pada artikel ini yang membahas Marder secara umum, tentulah Marder tidak dapat serta merta disebut sebagai Tank. Karena tugas dan fungsi asasi nya yang berbeda dari tugas dan fungsi asasi tank tempur yakni menggempur kedudukan musuh dengan meriam yang dimiliki nya. Akan lebih elok jika kita menyebut Marder sebagai IFV roda rantai (Tracked wheel IFV) sebab prefiks penyebutan nya sudah jelas terdefinisi dan secara internasional telah dikenali.

BACA JUGA :  TD Malabar, Kapal Tunda Produksi Dalam Negeri Siap Diluncurkan

Kesimpulan nya, perlu dilakukan perubahan pola pikir pada benak masyarakat awam. Doktrin “Ranpur roda ban disebut Panser, ranpur roda rantai disebut Tank” perlu diubah karena tidak semua kendaraan tempur beroda rantai melaksanakan tugas yang harus dilaksanakan oleh sebuah Tank. Perlu ditekankan adanya pengenalan terhadap jenis Ranpur, seperti APC, IFV, Tank, Recconaissance Vehicle, dan lain – lain sehingga masyarakat tidak melulu menyebut jenis ranpur berupa Panser dan Tank. Terlebih lagi untuk kasus Marder dimana kendaraan tempur ini telah dengan jelas didefinisikan sebagai IFV Roda Rantai (Tracked Wheel IFV)

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Sukhoi Su-27SKM TS-2703

Sukhoi Su-27SKM TS-2703 di Tarakan

0
HobbyMiliter.com - Foto yang diambil tanggal 12 Agustus 2015 di Lanud Tarakan ini menampilkan Sukhoi Su-27SKM TS-2703 diantara teman temannya.

Recent Comments