Sunday, August 9, 2020
Home Sebutan Bagi IFV Marder : Panser Marder Atau Tank Marder

Sebutan Bagi IFV Marder : Panser Marder Atau Tank Marder

Marder, IFV Di Negeri Asal, Di Indonesia?

Prefiks penyebutan suatu kendaraan tempur di dunia antusias militer Indonesia dapat diketahui dari tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) yang di emban serta dimana ranpur tersebut ditempatkan. Di Indonesia, ranpur Marder sebagian ada yang ditempatkan di satuan Infanteri Mekanis. Sebagian yang lain masuk ke dalam satuan Kavaleri. Jika dirunut sebenarnya Marder ini  dalam pengadaan nya diperuntukkan bagi satuan Kavaleri. Namun kemudian ada perubahan kebijakan oleh pimpinan di TNI AD hingga akhirnya Marder dimasukkan ke dalam satuan Infanteri Mekanis.

Dalam operasional nya di negara asal, Jerman, Marder di definisikan sebagai Infantry Fighting Vehicle atau IFV yang bertugas untuk mengangkut pasukan dengan dibekali senjata bela diri. Di Jerman, Marder dimasukkan dalam satuan Infanteri Mekanis. Dalam operasional di Jerman, Marder telah sukses menjadi sebuah kendaraan tempur yang efektif dan efisien bagi pasukan Panzergrenadier atau Infanteri Mekanis Jerman.

BACA JUGA :  Tiga Kapal Perang TNI AL "Sisir" Perairan Aceh

Secara umum, IFV dapat dimasukkan dalam kategori “Panser” dalam hal prefiks penyebutan nya. Yang saat ini terjadi di Indonesia adalah Marder ditempatkan dalam dua satuan yang tugas pokok dan fungsi asasi nya berbeda.

Jika dalam satuan Infanteri Mekanis, Marder dapat difungsikan untuk kegiatan angkut pasukan, misi pengintaian, penjemputan pasukan, evakuasi medis pasukan, komando bergerak dari suatu batalyon dalam suatu operasi militer taktis maupun strategis, sampai menghantarkan logistik bagi elemen pasukan di garis depan.

Sedangkan jika kita melihat penempatan Marder dalam satuan Kavaleri, tentu akan berbeda lagi perspektif yang digunakan dalam merumuskan tugas pokok dan fungsi asasi dari kendaraan tempur ini. Dalam tugasnya di satuan Kavaleri, Marder dapat menjalankan peran sebagai kendaraan komando dari level kompi, pleton hingga batalyon kavaleri, mendampingi MBT Leopard 2A4 dan Leopard 2A4 RI. Selain itu, Marder juga dapat berfungsi sebagai kendaraan evakuasi medis bagi awak tank Leopard jika sewaktu waktu terjadi keadaan darurat terkait keselamatan medis awak tank tersebut.

BACA JUGA :  MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO

Nah, dari dua satuan yang berbeda itu, berbeda pula-lah kita dalam menentukan prefiks penyebutan yang sesuai bagi kendaraan tempur yang satu ini. Dalam penempatan nya di satuan Kavaleri, Marder boleh dikata sebagai sebuah tank, secara awam tentunya, mengingat penggunaan nya yang berdampingan dengan tank Leopard, serta kemungkinan untuk mengubah konfigurasi senjata nya menjadi meriam kaliber sedang hingga besar. Namun, jika kita melihat penempatan Marder pada satuan Infanteri Mekanis, maka tidak salah juga jika kita menyebutnya sebagai Panser. Hal ini karena Marder benar – benar menjalankan tugas, fungsi serta peranan sebagai Infantry Fighting Vehicle atau IFV yang memang merupakan “kendaraan wajib” yang harus dimiliki pasukan Infanteri Mekanis.

BACA JUGA :  Update Pengerjaan Kapal Perusak Kawal Rudal Unit Kedua, Penggenangan Dok Menjelang Launching

Faktanya, secara masif masyarakat Indonesia telah terdoktrin bahwa “Kendaraan Tempur TNI yang digerakkan roda ban maka itu disebut Panser. Sedangkan Kendaraan Tempur TNI yang digerakkan roda rantai maka itu disebut Tank.” Dengan doktrin tersebut, penyebutan “Panser” dan “Tank” menjadi ‘terkotak’ pada bagaimana kendaraan tempur tersebut digerakkan.

Sejarah penyebutan “Panser” dan “Tank” berawal pada Perang Dunia II dimana pihak Jerman Nazi menyebut kendaraan tempur lapis baja dengan roda rantai dan kubah meriam sebagai senjata utama buatannya “Panzerkampfwagen” sementara secara umum keseluruhan pihak Sekutu dan Uni Sovyet menyebut Tank atau Tanka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua