Thursday, October 29, 2020
Home Berita Militer Berita Militer Indonesia PT DI Akan Ekspor Pesawat NC-212i, CN-235 Ke Senegal Dan Kongo

PT DI Akan Ekspor Pesawat NC-212i, CN-235 Ke Senegal Dan Kongo

HobbyMiliter.com – PT DI Akan Ekspor Pesawat NC-212i, CN-235 Ke Senegal Dan Kongo. BUMN Industri Strategis bidang manufaktur pesawat asal Indonesia, PT Dirgantara Indonesia, akan melaksanakan ekspor produk pesawat NC-212i dan CN-235 ke Senegal dan Kongo. Rencananya, total sebanyak lima unit pesawat akan diekspor oleh produsen pesawat “plat merah” ini.

Diungkapkan bahwa saat ini PT DI tengah berfokus untuk menyelesaikan pesanan lima unit pesawat angkut kelas menengah untuk kedua negara tersebut. Meski demikian, pihak PT DI tidak secara resmi menyebutkan berapa unit pesanan dari masing-masing negara.

BACA JUGA :  Tim Trump Bahas Pembangunan Tembok AS-Meksiko Bersama Depdagri dan US Army

Direktur Utama PT DI, Elfien Guntoro, menyebut bahwa sebanyak lima unit pesawat sedang dalam proses produksi di fasilitas produksi milik PT DI. “Ada lima, yang mau kita ekspor ke Senegal, terus ke Kongo, yang kita punya. Itu yng masih ada di tempat kita,” ungkap Elfien ketika ditemui wartawan pada hari Senin,3 Februari 2020 di gedung DPR, Jakarta.

Menurutnya, kelebihan pesawat buatan Indonesia tersebut sehingga diminati oleh negara lain adalah pada spesifikasi pesawat yang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan misi, diantaranya misi transportasi personel militer, hingga misi dukungan logistik militer / kargo militer.

BACA JUGA :  Pesawat Tanker A330 MRTT Untuk AU Korea Selatan Jalani Test Penerimaan

NC-212i merupakan derivatif langsung dari CASA C-212 400 Aviocar. Pesawat ini awalnya diproduksi oleh perusahaan EADS CASA yang bermarkas di Spanyol. Seiring waktu, EADS CASA kemudian menjadi bagian dari Airbus Military, sebuah perusahaan manufaktur pesawat militer yang berbasis di Perancis.

Pada tahun 2011, Airbus setuju untuk menjadikan PT DI sebagai produsen sekaligus penjual pesawat C-212 untuk wilayah Asia. PT DI sendiri berhenti memproduksi varian C-212 400 versi standar pada tahun 2014 dan mulai berfokus memproduksi NC-212i yang merupakan varian upgrade dari C-212 400.

BACA JUGA :  Rusia: Turki Langgar Aturan Pakta Penerbangan Internasional

Sementara itu, CN-235 merupakan pesawat angkut militer yang dikembangkan bersama antara CASA dan IPTN pada medio tahun 80-an. Militer Indonesia sendiri telah mengoperasikan armada CN-235 di Angkatan Udara dan Angkatan Laut nya. Sementara TNI Angkatan Darat mengoperasikan tidak kurang dari 6 unit armada pesawat NC-212. Kedepan, PT DI berencana untuk mengikuti tender pengadaan pesawat di beberapa negara yakni Thailand dan Filipina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Cakra Baskara, Sistahanud jarak pendek Soviet

Mengenal  Cakra Baskara Sistahanud jarak pendek Soviet-Hobbymiliter.com. Sebelum pandemi COVID menyerang. Indonesia termasuk getol menyelenggarakan pameran bertema pertahanan dengan Indodefence yang paling populer.  Selain...

Mengenal S-300PT & PS Varian Awal Dari S-300P.

Mengenal S-300PT & PS (SA-10 Grumble) Varian Awal Dari S-300P-Hobbymiliter.com. Belakangan ini nama sistem hanud S-300 mencuat kembali, utamanya pada konflik Nagorno-Karabakh dimana Azerbaijan...

Penghancuran Pusat Komando Drone, Kenapa Tidak??

Penghancuran Pusat Komando Drone, Kenapa Tidak?? - HobbyMiliter.com. Pada awal tahun ini kita menyaksikan muncul dan berkembangnya era baru yaitu perang secara aktif menggunakan...

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua