Wednesday, February 21, 2024
HomeAlutsistaRadarRadar Weibel, Radar Pendeteksi Andalan Satrad 215 TNI AU

Radar Weibel, Radar Pendeteksi Andalan Satrad 215 TNI AU

Radar Weibel, Radar Pendeteksi Andalan Satrad 215 TNI AU – HobbyMiliter.com – Basis militer Australia di Pulau Christmas berjarak 400 – 450 km dari bibir pantai Selatan Pulau Jawa. Pastinya bukan jarak yang terlalu jauh untuk berbagai misi terkait keperluan strategis dan taktis Australia. Tapi sayangnya pendeteksi sasaran jarak jauh atau radar intai dari Kohanudnas (Komando Pertahanan Udara Nasional) yang mengarah ke Samudera Hindia justru merupakan jenis radar yang cukup tua.

weibel1
Radar Weibel, Radar Pendeteksi Andalan Satrad 215 TNI AU

Terdapat 2 Satuan Radar (Satrad) yang secara giat memantau situasi dari arah Pulau Christmas, yaitu Satrad 216 yang terletak di Ciballimbing, Sukabumi, Jawa Barat dengan radar berjenis Thomson TR2215D produksi Perancis, dan Satrad 215 terletak di Congot, Kulon Progo, Yogyakarta dengan radar berjenis Plessey AWS-2 produksi Inggris. Walaupun kedua jenis radar itu termasuk tua, tapi radar AWS-2 merupakan yang paling senior, bahkan menjadi radar Kohanudnas yang paling tua hingga saat ini. Jenis radar AWS-2 didatangkan ke Indonesia pada tahun 1963 – 1964 melalui Operasi Kresna.

BACA JUGA :  Tentang Howitzer LG-1 MKII 105mm Milik Resimen Artileri Korps Marinir

Mengenai spesifikasi radar AWS-2, Sekilas AWS-2 adalah gabungan antara Decca Radar serta Plessey. Walaupun pada awalnya berawal dari teknologi analog, radar AWS 2 kini sudah dimodifikasi sehingga bisa dirubah menjadi digital. Kemampuannya pun juga diupgrade, seperti bisa menampilkan informasi secara real time dan real time di Posek Hanudnas I, serta dilengkapi juga dengan perangkat dukungan, seperti SBM (Satelit Bumi Mini) K3I. Peralatan ini bisa dimanfaatkan sebagai latihan intersepsi untuk personel GCI Controller. Dengan SBM ini memiliki 3 keluaran yaitu data, voice dan video.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Mock Up Tank Boat pada Indo Defence 2016

Indo Defence 2016 : Mock Up Tank Boat Ditampilkan

0
HobbyMiliter.com - Grup perusahaan yang terdiri dari tiga perusahaan, PT. Lundin, PT. PINDAD, dan CMI Defence menampilkan model skala 1:1 dari konsep Tank Boat pada...

Recent Comments