Tuesday, May 24, 2022
HomeMiliterAlutsistaLoyal Wingman Australia Resmi Dinamai MQ-28A Ghost Bat

Loyal Wingman Australia Resmi Dinamai MQ-28A Ghost Bat

Hobbymiliter.com – Pemerintah Australia melalui Menteri Pertahanan Australia, Peter Dutton, secara resmi memberi nama designasi MQ-28A Ghost Bat pada unit pesawat tempur tanpa awak yang sebelumnya dijuluki Loyal Wingman. Dalam sebuah acara pemberian nama yang digelar di pangkalan Angkatan Udara Australia (RAAF) Amberley, di Queensland, Australia, Menteri Pertahanan Australia secara resmi menyatakan nama designasi baru untuk pesawat tempur tanpa awak program Loyal Wingman yakni MQ-28A Ghost Bat. MQ-28A Ghost Bat merupakan pesawat tempur tanpa awak pertama yang dirancang, dibangun dan diproduksi sepenuhnya di Australia setelah lebih dari 50 tahun Australia tidak memproduksi pesawat militer. Nama Ghost Bat sendiri mengambil dari nama binatang mamalia terbang yakni spesies kelelawar yang hanya ditemukan di wilayah Australia atau spesies endemik Australia.

BACA JUGA :  MARINIR INDONESIA – AMERIKA LATIHAN BERSAMA DI SITUBONDO

Sementara itu, Boeing selaku produsen pesawat tempur tanpa awak tersebut menyatakan bahwa untuk konsumen internasional yang nantinya berminat untuk mengakuisisi wahana sejenis yang mereka kembangkan bersama dengan Angkatan Udara Australia (RAAF), nama produknya akan tetap sama dengan nama sebelumnya yakni Boeing Airpower Teaming System. Kedepan dalam pelaksanaan operasionalnya, MQ-28A akan dipasangkan dengan armada pesawat intai, AEW&C, dan pesawat tempur milik Angkatan Udara Australia, dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Dengan kemampuan operasional secara tandem / tim ini, diharapkan AU Australia akan semakin kompeten dan efektif kinerjanya di masa depan.

BACA JUGA :  Mengintip Drone Militer Terbaru Rusia, Punya Roket Anti-Tank dan Penyembur Api

Selain untuk memperkuat Angkatan Udara Australia, program pengembangan dan produksi MQ-28A Ghost Bat yang sepenuhnya dilakukan di dalam negeri Australia juga bertujuan untuk memberikan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Australia sehingga tidak hanya menguntungkan dari segi strategis namun program ini juga memiliki keuntungan dari segi ekonomis. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 35 perusahaan lokal Australia turut terlibat dalam program riset dan pengembangan sistem senjata berbasis pesawat tempur tanpa awak ini.

MQ-28A sendiri memiliki dimensi ukuran panjang 11,7 meter, lebar total 7,3 meter, mampu terbang dalam kecepatan subsonik, dan memiliki jarak jangkau maksimal sejauh 2.000 kilometer. Program pengembangan dan produksi sebanyak 6 unit pesawat tempur tanpa awak ini memakan anggaran sebesar 111 juta Dollar AS atau setara dengan 150 juta Dollar Australia.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

PAR 1

Mengenal Senapan Serbu PAR MK3

0
HobbyMiliter.com – Mengenal Senapan Serbu PAR MK3. Kenal dengan senapan anti material NTW-20 yang dipakai oleh Taifib Korps Marinir? Salah satu kelebihan senjata itu...

Recent Comments