Tuesday, May 24, 2022
HomeBlog MiliterBerita MiliterBelgia Dan Estonia Resmikan Gudang Munisi MAWI Pertama Untuk NATO

Belgia Dan Estonia Resmikan Gudang Munisi MAWI Pertama Untuk NATO

Hobbymiliter.com – Belgia dan Estonia melalui Kepala Pertahanan kedua negara meresmikan unit Gudang penyimpanan amunisi multi-nasional yang menjadi bagian dari inisiatif NATO Multi-national Ammunition Warehousing Initiative (MAWI,red). Unit gudang munisi MAWI pertama ini berlokasi di Estonia, dan akan mendukung konsep Enhanced Forward Presence (EFP) aliansi pertahanan NATO. Rencananya, tidak hanya Belgia dan Estonia saja yang akan menggunakan unit gudang munisi ini sebagai fasilitas penyimpanan munisi mereka, tetapi juga negara-negara lain anggota NATO akan turut berpartisipasi dalam menyimpan munisi mereka di gudang munisi Multi-national Ammunition Warehousing Initiative ini sebagai bagian dari dukungan komitmen tiap – tiap negara anggota NATO untuk bahu-membahu mensukseskan penerapan konsep Enhanced Forward Presence (EFP).

BACA JUGA :  Gertak Korut, AS Pamerkan Pesawat Pengebom B-1B Di Perbatasan Korsel

Rencananya, sebanyak tiga unit gudang munisi di tiga lokasi berbeda akan digunakan untuk mengawali program Multi-national Ammunition Warehousing Initiative ini. NATO menyebut dalam rilis resminya, bahwa program baru untuk penyimpanan munisi milik negara-negara anggota nya ini akan membantu mengurangi dan mencegah masalah logistik saat dilakukannya penggelaran pasukan atau deployment. Ini karena negara-negara NATO tidak lagi harus repot-repot menggeser stok munisi yang akan mereka pakai dari negara mereka menuju medan penugasan. NATO juga berharap bahwa dalam jangka panjang, inisiatif MAWI ini akan mengubah bagaimana cara berpikir dan pelaksanaan teknis di lapangan terkait pendistribusian dan penyimpanan stok munisi milik negara – negara NATO apabila terjadi kontijensi / keadaan darurat perang.

BACA JUGA :  NATO Akan Tempatkan Pesawat E-3 AWACS di Timur Tengah Oktober Mendatang

Belgia, sebagai salah satu inisiator awal bagi program gudang munisi multinasional milik NATO ini juga direncanakan akan menggeser pergelaran stok peluru kendali (rudal) anti-tank Spike-LR nya menuju Estonia guna mulai menerapkan konsep penggelaran stok munisi yang dimilikinya dalam mendukung program inisiatif Multi-national Ammunition Warehousing Initiative ini. Belgia sendiri juga saat ini tengah menyiapkan fasilitas gudang munisi multi-nasional serupa untuk mendukung inisiatif Multi-national Ammunition Warehousing Initiative ini. Lebih lanjut, Kementerian Pertahanan Belgia juga menyatakan bahwa lokasi gudang munisi multi-nasional yang saat ini tengah disiapkan, akan beroperasi juga pada tahun 2022 ini.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Uji coba RX-2200 untuk Grad

Uji Coba RX-2200 Sebagai Amunisi Grad

1
HobbyMiliter.com - Untuk mengurangi ketergantungan pada impor amunisi, saat ini Indonesia juga berusaha untuk membuat amunisi roket 122mm RX-2200 untuk kendaraan launcher Grad. Roket ini beberapa...

Recent Comments