Tuesday, March 26, 2024
HomeBlog MiliterReferensiPeninggalan Kerajaan Kutai

Peninggalan Kerajaan Kutai

Peninggalan Kerajaan Kutai – HobbyMiliter.com – Apa saja sih peninggalan kerajaan Kutai yang bisa kita lihat secara langsung saat ini? Berdasarkan sejarah yang pernah kita ketahui bahwa kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua yang ada di Nusantara. Kerajaan Kutai berada di tepi sungai Mahakam yang ada di Muara Kaman, dekat dengan kota Tenggarong di Kalimantan Timur.

Adanya kerajaan Kutai bisa kita ketahui dari adanya peninggalan Prasasti atau Yupa yang berupa tiang batu. Dalam Yupa tersebut ditulis menggunakan huruf pallawa dan bahasa Sansekerta. Yupa yang ditinggalkan dari peninggalan Kutai ini sejumlah 7 buah. Dan adanya peninggalan ini diperkirakan kerajaan Kutai didirikan di abad 5 Masehi atau 400 tahun Masehi.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

SAAB Luncurkan Fitur Baru Perkuat Radar Sea Giraffe

SAAB Luncurkan Fitur Baru Perkuat Radar Sea Giraffe

0
SAAB Luncurkan Fitur Baru Perkuat Radar Sea Giraffe - HobbyMiliter.com - SAAB, industri pertahanan asal Swedia baru - baru ini meluncurkan fitur baru untuk...

Recent Comments