Thursday, February 29, 2024
HomeBlog MiliterReferensiHasil Kebudayaan Zaman Mesolitikum

Hasil Kebudayaan Zaman Mesolitikum

Hasil Kebudayaan Zaman Mesolitikum – HobbyMiliter.com – Apa yang dimaksud dengan Zaman Mesolitikum? Dan Apa saja sih hasil kebudayaan zaman Mesolitikum? Yuk simak jawabanya dari penjelasan kami di bawah ini tentang Zaman Mesolitikum.

Saat kita belajar sejarah di SMA, kita pasti akan belajar tentang Zaman Prasejarah yang ada di Indonesia yaitu saat belum adanya kerajaan atau sebelum masehi. Di zaman prasejarah dibagi menjadi 2 yaitu Zaman Batu atau Zaman Litikum dan Zaman Logam.
Kemudian di zaman Litikum dibagi ada 4 zaman, yaitu Zaman Paleothikum ( Zaman Batu Tua ), Zaman Mesolithikum ( Zaman Batu Tengah ), Zaman Neolithikum ( Zaman Batu Muda ) dan Zaman Megalithikum ( Zaman Batu Besar ).

BACA JUGA :  Bupati Sintang Hibahkan 10 Hektare Tanah Untuk Skadron Serbu TNI

Dan dari keempat zaman batu, disini kita akan membahas Zaman batu tengah atau Zaman Mesolithikum.

Apa yang dimaksud Zaman Mesolithikum?

Zaman mesolithikum atau zaman batu tengah merupakan masa prasejarah dimana manusia pada jaman sebelumnya masih berpindah-pindah tempat (nomaden) sudah mulai banyak yang hidup menetap di suatu tempat.

Masa di zaman Mesolithikum ini juga terjadi 10 juta tahun sebelum Masehi atau masa-masa kerajaan ada di Indonesia. Zaman Mesolithikum merupakan masa peralihan dari zaman Peleothikum ke zaman Neolitihikum.

BACA JUGA :  Korsel Bentuk Pasukan Elite Khusus Untuk Bunuh Kim Jong-un

Di masa ini manusia melakukan kegiatan sehari-hari dengan menangkap ikan dan berburu. Seiring dengan perjalanan baru di zaman ini, manusia prasejarah mulai menetap di suatu tempat seperti Goa dan Pantai. Di masa ini manusia prasejarah menemukan peerjaan baru yaitu bercocok tanam. Lalu apa saja hasil kebudayaan Zaman Mesolitikum yang ditinggalkannya?

Hasil Kebudayaan Zaman Mesolitikum

Di setiap zaman pasti ada kebudayaan yang ditinggalkannya, termasuk pada zaman Mesolitikum. Ada beberapa hasil kebudayaan Zaman Mesolitikum yang ditinggalkan seperti:

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

94-sumber-dana-isis-dari-donasi-negara-teluk

Analis Inggris dan Irak: Sumber Dana ISIS Berasal Dari Sumbangan Negara...

1
Hobbymiliter.com - Penelitian yang dilakukan oleh pemerintah Inggris terhadap ketergantungan ISIS terhadap minyak sebagai sumber ekonomi, menyebut bahwa kelompok teroris tersebut sudah mengalami penurunan penjualan...

Recent Comments