Wednesday, August 10, 2022
HomeBlog MiliterReferensiImplementasi Nilai Dasar Pancasila Dalam Hidup Bermasyarakat

Implementasi Nilai Dasar Pancasila Dalam Hidup Bermasyarakat

Implementasi Nilai Dasar Pancasila Dalam Hidup Bermasyarakat – HobbyMiliter.com – Sebagai ideologi terbuka maka nilai dasar Pancasila dapat dikembangkan sesuai kehidupan bangsa Indonesia serta tuntutan perkembangan zaman dan teknologi tanpa melunturkan nilai luhur yang terkandung di dalamnya.

Selain itu Pancasila yang merupakan ideologi negara serta falsafah hidup berbangsa dan bernegara mengandung tiga nilai, yaitu nilai dasar, nilai instrumental serta nilai praktis. Yang dimaksud dengan nilai dasar itu sendiri adalah sesuatu yang bermutu, berharga, dan berkualitas serta berguna bagi manusia. Dengan begitu, nilai dasar Pancasila adalah esensi dari kelima sila Pancasila yang bersifat universal yaitu mencakup nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, nilai Persatuan Indonesia, nilai Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan serta nilai Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

I Gusti Ngurah Rai Launched

Resmi, PT. PAL Luncurkan KRI I Gusti Ngurah Rai 332, BRP...

0
Kamis, 29 September 2016 menjadi hari yang bersejarah bagi PT. PAL Indonesia (Persero). Di hari inilah PT. PAL Indonesia (Persero) sebagai BUMN Industri Strategis...

Recent Comments