Thursday, February 29, 2024
HomeBlog MiliterReferensiImplementasi Nilai Dasar Pancasila Dalam Hidup Bermasyarakat

Implementasi Nilai Dasar Pancasila Dalam Hidup Bermasyarakat

Implementasi Nilai Dasar Pancasila Dalam Hidup Bermasyarakat – HobbyMiliter.com – Sebagai ideologi terbuka maka nilai dasar Pancasila dapat dikembangkan sesuai kehidupan bangsa Indonesia serta tuntutan perkembangan zaman dan teknologi tanpa melunturkan nilai luhur yang terkandung di dalamnya.

Selain itu Pancasila yang merupakan ideologi negara serta falsafah hidup berbangsa dan bernegara mengandung tiga nilai, yaitu nilai dasar, nilai instrumental serta nilai praktis. Yang dimaksud dengan nilai dasar itu sendiri adalah sesuatu yang bermutu, berharga, dan berkualitas serta berguna bagi manusia. Dengan begitu, nilai dasar Pancasila adalah esensi dari kelima sila Pancasila yang bersifat universal yaitu mencakup nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, nilai Persatuan Indonesia, nilai Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan serta nilai Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat.

Sementara nilai instrumental adalah nilai yang dijadikan arahan, strategi, kebijakan, sasaran dan pedoman serta lembaga pelaksanaan dalam melaksanakan nilai-nilai dasar tersebut, karena nilai dasar belum bisa dikatakan bermakna sepenuhnya kalau belum memiliki formasi serta parameter jelas dan konkret. Nilai instrumental yang terkait dengan perilaku manusia dalam menjalani kehidupan keseharian mereka, seperti misalnya norma moral. Sementara nilai instrumental yang terkait dengan organisasi tertentu atau negara terwujud dalam arah strategi atau kebijakan yang dirumuskan berlandaskan pada nilai dasar. Dengan begitu bisa dikatakan nilai instrumental merupakan jabaran lebih lanjut dari nilai dasar ideologi Pancasila dimana dalam penjabarannya disesuaikan perkembangan zaman.

BACA JUGA :  Ciri-ciri Globalisasi Dan Contohnya

Nilai ketiga atau yang terakhir adalah nilai praktis yang merupakan realisasi dari nilai instrumental dalam pengamalan yang bersifat nyata dalam bermasyarakat, berbangsa serta bernegara. Penjabaran nilai-nilai Pancasila di nilai praktis ini akan terus berkembang serta berubah dan diperbaiki.

Seperti dilansir di situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berbagai nilai Pancasila tersebut merupakan rangkaian kesatuan utuh dan bulat yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, tidak bisa dibagi ataupun diperas serta saling berkaitan satu sama lain.

BACA JUGA :  Mengenal Littoral Response Group, Grup Siap Tempur Amfibi AL Inggris

Pembahasan lebih lanjut di artikel ini terfokus pada nilai dasar Pancasila, yaitu nilai yang terkandung dalam kelima silanya.

Nilai Dasar Pancasila

Seperti dikatakan sebelumnya nilai dasar Pancasila mengandung makna esensi dari kelima sila Pancasila yang sifatnya universal. Berikut pembahasannya satu per satu.

Nilai Dasar Pancasila Sila Ketuhanan Yang Maha Esa

Nilai dasar Pancasila sila pertama ini mengandung pengakuan keberadaan Tuhan sebagai pencipta alam semesta dan isinya termasuk manusia. Iman manusia Indonesia ditunjukkan dalam bentuk ketaatan mereka terhadap Tuhan Yang Maha Esa yaitu dengan mematuhi dan menjalankan semua perintah agama dan kepercayaan yang mereka peluk dan anut serta menjauhi larangan Tuhan.

Dengan keyakinan yang disertai ketakwaan maka akan timbul kesadaran untuk mengakui dan juga memperlakukan sesama pemeluk agama dan kepercayaan sesuai harkat dan martabat mereka sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang sederajat dan memiliki hak serta kewajiban asasi yang sama.

Sehingga dengan begitu maka akan tercipta keadaan yang mencerminkan adanya saling toleransi, saling mengerti, menghargai serta mempercayai satu sama lain seperti suasana kekeluargaan, ketenteraman, persahabatan serta kedamaian dalam hidup beragama meskipun agama dan kepercayaan yang dipeluk dan dianut berbeda-beda.

BACA JUGA :  Inilah Batas Wilayah Negara-Negara Asean, Sudah Tahu Belum?

Berbagai nilai tersebut dapat berkembang dalam diri manusia Indonesia jika didasari dengan sikap tidak egois, mengendalikan diri dengan mengutamakan kesejahteraan dan kebahagiaan bersama. Sementara nilai keimanan dan ketakwaan akan berkembang dalam diri manusia karena sebagai makhluk ciptaan Tuhan, manusia punya akal pikiran yang berkembang dinamis serta mampu mewujudkan inspirasi mereka dalam bentuk tertentu yang dilandasi naluri percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ini ditimbulkan sebagai efek dari potensi manusia yang berupa tabiat, pikiran, perasaan serta fitrah atau naluri.

Nilai Dasar Pancasila Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Nilai dasar Pancasila ini berarti mengakui kedudukan manusia yang sederajat dan sama serta memiliki hak dan kewajiban yang juga sama sebagai warga negara yang juga dijamin oleh negara.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

4-perang-dua-front-india-vs-tiongkok-dan-pakistan

KSAD Militer India: Kami Siap Perang Dua Front Melawan Tiongkok dan...

0
Hobbymiliter.com - Kepala Staf Angkatan Darat India, Jenderal Bipin Rawat pada hari Senin, 2 Desember 2017 mengatakan bahwa pasukannya sudah siap untuk menghadapi perang...

Recent Comments