Wednesday, March 27, 2024
HomeAGM-119 Penguin, Rudal Anti Kapal Buatan Norwegia

AGM-119 Penguin, Rudal Anti Kapal Buatan Norwegia

HobbyMiliter.com – AGM-119 Penguin, Rudal Anti Kapal Buatan Norwegia. Di Kutub Selatan, Penguin adalah unggas imut yang manis. Tetapi tidak demikian dengan spesies Penguin yang “dipelihara” Angkatan Laut Norwegia. Mereka bukan lagi burung pemangsa ikan, tetapi rudal ganas pemangsa kapal laut. Julukan Penguin mungkin diambil karena sosoknya ber-sayap lebar dan perilakunya yang biasa terbang zig-zag mengecoh dulu sebelum “menyantap” sasarannya.

Dalam kancah rudal fire and forget, perilaku seperti itu sesungguhnya tak umum. Semen-tara yang lain biasa menyeruduk sasaran langsung tanpa basi-basi, perancang Penguin menganggap perlu foreplay. Begitu diluncurkan, ia lebih dulu terbang ke lain arah seolah menelikung dan secara mendadak banting stir mengunci sasaran. Hal ini dimaksudkan untuk memperbesar probabilitas perkenaan dan mengecoh sistem pertahanan diri kapal sasaran.

BACA JUGA :  Tank T-90A Rusia Lakukan Debut Pertempuran Di Suriah

Salah satu versi malah punya jurus yang terbilang unik. Lepas dari pengaitnya di helikopter, ia akan menghujam lebih dulu, terbang menjelajah sedikit diatas permukaan laut, lalu tiba-tiba menanjak sebelum kemudia kembali menghujam diatas sasaran.

Mau tahu alasan pabrikan Kongsberg, Norwegia di balik perancangan itu? Foreplay tak lain adalah untuk menghindari serangan balik, seperti jamming atau tembakan rudal anti rudal. Maklum, profil musuh yang dihadapi tatkala rudal ini dibuat tak main-main, yakni Uni Soviet. Digdaya dari Timur ini adalah ancaman nomor satu bagi negara-negara blok Barat di Eropa.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

1834

Video Uji Tembak Artileri Caesar 155mm TNI AD

0
HobbyMiliter.com - Video berikut merupakan video uji tembak Artileri Gerak Sendiri / Self Propelled Gun Nexter Caesar 155mm dalam rangka uji terima unit tersebut dari...

Recent Comments