Wednesday, January 26, 2022
HomePesawat Hawk TNI AU Upgrade Fitur Baru, Apa Itu?

Pesawat Hawk TNI AU Upgrade Fitur Baru, Apa Itu?

Hobbymiliter.com – Pesawat Hawk 200/209 adalah pesawat tempur milik TNI AU yang digunakan untuk serangan darat dan peran pertahanan udara oleh Skadron 1 di Supadio dan Skadron 12 di Pekanbaru.

Dalam rangka peningkatan kemampuan alutsista, TNI AU pun ingin mengupdate fitur untuk  pesawat tempur serang ringan Hawk 200/209. Fitur baru itu adalah Finmeccanica SEER RWR, yaitu suatu radar yang mampu mengidentifikasi ancaman udara, darat, dan ancaman berbasis laut dalam rentang signifikan dengan tingkat akurasi yang tinggi.

BACA JUGA :  Foto Anggota Detasemen Penyelamatan

SIER RWR dikembangkan oleh Finmeccanica’s Airborne and Space Systems Division, didasarkan pada RWR SG200-D yang digunakan juga oleh Boeing Chinook HC4 / 5/6 dan Helikopter Westland Puma HC2 dari Air Force UK Royal (RAF) Inggris.

TNI AU memilih SIER RWR setelah sebelumnya sukses dipasang di Aero L-159 Advanced Light Combat Aircraft (ALCA), Czech Air Force. Percobaan selama tiga jam ini membuat pesawat Aero L-159 Ceko itu mampu mengidentifikasi ancaman udara, darat, dan ancaman berbasis laut dalam rentang signifikan dengan tingkat akurasi yang tinggi dan beroperasi dengan keandalan 100% selama latihan dilakukan.

BACA JUGA :  Iran Tuduh Arab Saudi Bom Kedutaannya Di Yaman

Perwakilan perusahaan Finmeccanica yang berbasis di Singapura, yakni Aptronics PTE Ltd akan menyediakan kit SIER RWR ke TNI-AU untuk instalasi pesawat pada batch pertama, dengan opsi menyediakan sistem lebih lanjut di masa mendatang. Setelah terintegrasi, SIER RWR akan menggantikan RWR Hawk 200/2009 TNI AU yang sebelumnya menggunakan Sky Guardian 200.

Tidak disebutkan jumlah pesawat TNI-AU Hawk 200/209 yang harus dilengkapi dengan Finmeccanica SEER RWR. Namun program update ini telah disepakati dalam Singapore Airshow di Singapura, 16 Februari 2016.

BACA JUGA :  Keberangkatan 9 KRI Komando Armada RI Kawasan Barat dalam Latihan Gabungan TNI 2013

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

TLDM Lakukan Latihan Militer Di Laut China Selatan

4
TLDM Lakukan Latihan Militer Di Laut China Selatan - HobbyMiliter.com - Tentera Laut Diraja Malaysia, yang merupakan kekuatan militer matra laut Malaysia, dikabarkan kembali...

Recent Comments