Friday, July 3, 2020
Home Pesawat Hawk TNI AU Upgrade Fitur Baru, Apa Itu?

Pesawat Hawk TNI AU Upgrade Fitur Baru, Apa Itu?

Hobbymiliter.com – Pesawat Hawk 200/209 adalah pesawat tempur milik TNI AU yang digunakan untuk serangan darat dan peran pertahanan udara oleh Skadron 1 di Supadio dan Skadron 12 di Pekanbaru.

Dalam rangka peningkatan kemampuan alutsista, TNI AU pun ingin mengupdate fitur untuk  pesawat tempur serang ringan Hawk 200/209. Fitur baru itu adalah Finmeccanica SEER RWR, yaitu suatu radar yang mampu mengidentifikasi ancaman udara, darat, dan ancaman berbasis laut dalam rentang signifikan dengan tingkat akurasi yang tinggi.

BACA JUGA :  Skywall, Senjata Penangkap Drone

SIER RWR dikembangkan oleh Finmeccanica’s Airborne and Space Systems Division, didasarkan pada RWR SG200-D yang digunakan juga oleh Boeing Chinook HC4 / 5/6 dan Helikopter Westland Puma HC2 dari Air Force UK Royal (RAF) Inggris.

TNI AU memilih SIER RWR setelah sebelumnya sukses dipasang di Aero L-159 Advanced Light Combat Aircraft (ALCA), Czech Air Force. Percobaan selama tiga jam ini membuat pesawat Aero L-159 Ceko itu mampu mengidentifikasi ancaman udara, darat, dan ancaman berbasis laut dalam rentang signifikan dengan tingkat akurasi yang tinggi dan beroperasi dengan keandalan 100% selama latihan dilakukan.

BACA JUGA :  Pengamat: Korut Kembangkan Rudal Kapal Selam Baru?

Perwakilan perusahaan Finmeccanica yang berbasis di Singapura, yakni Aptronics PTE Ltd akan menyediakan kit SIER RWR ke TNI-AU untuk instalasi pesawat pada batch pertama, dengan opsi menyediakan sistem lebih lanjut di masa mendatang. Setelah terintegrasi, SIER RWR akan menggantikan RWR Hawk 200/2009 TNI AU yang sebelumnya menggunakan Sky Guardian 200.

Tidak disebutkan jumlah pesawat TNI-AU Hawk 200/209 yang harus dilengkapi dengan Finmeccanica SEER RWR. Namun program update ini telah disepakati dalam Singapore Airshow di Singapura, 16 Februari 2016.

BACA JUGA :  Di Hari Natal, Serangan Pesawat Tempur Israel ke Suriah Terjadi Lagi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Sejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa

Sejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa - HobbyMiliter.com. Aksi koboi udara Amerika Serikat pernah terjadi tanggal 3 Juli 2003...

Modifikasi Heli Serang Bell AH-1J, Langkah Iran Merevitalisasi Kekuatan Militer

Modifikasi Heli Serang Bell AH-1J, Langkah Iran Merevitalisasi Kekuatan Militer - HobbyMiliter.com. Seiring meningkatnya ketegangan, menyusul mundurnya Amerika Serikat dari kesepakatan damai yang ditandatangani era...

Mengenal Kawasaki P1 Pesawat Patroli Maritim Baru dari Jepang

Mengenal Kawasaki P1 Pesawat Patroli Maritim Baru dari Jepang - HobbyMiliter.com. Jepang sadar betul posisi dan kondisi geografisnya sebagai negeri kepulauan. Terlebih dalam hubungan dengan...

Foto Foto Kuburan Pesawat Tempur Rusia di Lebyazhye

Menengok Kuburan Pesawat Tempur Rusia di Lebyazhye - HobbyMiliter.com -  Lebyazhye Air Force Base dulunya adalah pangkalan udara militer milik Angkatan Udara Rusia. Pangkalan...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua