Monday, November 23, 2020
Home Blog Militer Taktik Rahasia Pasukan Pemerintah Suriah Merebut Kota Di Perbatasan Turki

Taktik Rahasia Pasukan Pemerintah Suriah Merebut Kota Di Perbatasan Turki

Hobbymiliter.com – Minggu lalu, pasukan pemerintah Suriah berhasil merebut kembali kota Salma. Terletak di barat luat Latakia, sekitar 23 kilometer dari perbatasan Turki, kota ini menjadi benteng pasukan oposisi pada tahun 2012, sementara benteng lainnya di provinsi tersebut dimiliki oleh pemerintah Suriah.

Gang-gang sempit di dalam kota dan hutan di sekitarnya membuat Salma sulit untuk ditaklukkan. Sementara jet-jet tempur Rusia bergerak dari udara, tank dan kendaraan lapis baja milik pemerintah Suriah kesulitan untuk menembus medan yang sempit tersebut.

BACA JUGA :  India Setujui Pengiriman Rudal Jelajah BrahMos Ke Perbatasan Tiongkok

Jadi, mereka merencanakan strategi baru. Hasilnya adalah kembalinya kota tersebut ke tangan pemerintah.

“Cara kami berperang sudah berubah sejak awal pertempuran, dan kami telah membangun metode penyerangan sendiri,” ujar Hany, seorang tentara Pasukan Suriah berusia 25 tahun. “Kini, kami mengandalkan sepeda motor karena cepat dan mudah bergerak.”

44-taktik-rahasia-pasukan-suriah-merebut-kota-perbatasan-turki
Sepeda motor menjadi taktik andalan pasukan pemerintah Suriah. Sumber: Associated Press

Sepeda motor memiliki banyak kelebihan. Kemampuan manuvernya di medan sempit membuat pengendara dapat mengatur kecepatan dan pergerakan untuk menghindari serangan penembak jitu. Ukurannya yang lebih kecil juga memungkinkannya melewati ranjau yang biasanya menargetkan kendaraan berat.

BACA JUGA :  Fire Power Kyai Samber Langit

“Motor saya terlalu sulit untuk dilacak dan terlalu ringan untuk dideteksi oleh ranjau darat,” ujar Hany. Taktik ini sebenarnya terinspirasi dari pasukan kelompok oposisi yang berperang melawan pemerintahan Bashar al-Assad. Namun pasukan pemerintah nampaknya merasa sepeda motor menjadi alat yang cukup efektif. Karenanya, motor akan dijadikan kendaraan tempur reguler di Pasukan Suriah.

“Di pertempuran terakhir kami menggunakan lebih dari 80 unit sepeda motor. Penggunaan sepeda motor ini berkontribusi besar atas kemenangan kami pada 72 jam terakhir,” ujar salah satu panglima perang. “Sepeda motor memungkinkan kami untuk mengangkut pasukan yang terluka, membawa amunisi ringan dan bahan makanan, serta digunakan pula oleh para prajurit untuk mengangkut senjata mesin dan teropong malam.

BACA JUGA :  Latihan Penembakan dan Pengeboman di AWR Pulung Ponorogo

“Kami tidak menyangkal bahwa taktik ini terinspirasi dari kelompok oposisi,” ujarnya.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.com Simak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?- Hobbymiliter.com. Bidang Pertahanan udara dewasa ini memiliki sebuah pertanyaan,  utamanya setelah perang Suriah, Libya, serangan drone AS di...

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS- hobbymiliter.com. Bahwa dewasa ini kita mengenal Angkatan laut AS utamanya dari armada kapal selam nuklirnya. Nama-nama seperti...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua