Mi-17V5 penerbad di MINUSMA
Helikopter Mi-17 V5 milik Penerbad yang ditugaskan dalam misi kemanusiaan MINUSMA di Mali.Sumber : janes.com

HobbyMiliter.com – Misi kemanusiaan PBB di Mali yang disebut UN Multidimensional Integrated Stabilisation Mission in Mali atau MINUSMA saat ini sedang mengalami kekurangan armada helikopter angkut pasca Indonesia menarik pulang 3 unit helikopter Mi-17 V5 yang telah digunakan di daerah Timbuktu selama 12 bulan terakhir. Helikopter yang bertugas mewakili Indonesia dalam misi kemanusiaan di Mali tersebut merupakan milik dari Pusat Penerbangan Angkatan Darat atau Puspenerbad.

Unit helikopter tersebut diterbangkan ke daerah Bamako pada 21 Oktober 2016 lalu. Kemudian helikopter tersebut dipreteli dan akan dimuat pada pesawat kargo sewaan Antonov An-124 untuk kemudian diterbangkan ke Indonesia pada 26 Oktober 2016.

Baca juga :   Laksamana US Navy: Tiongkok Berusaha Kuasai Laut Cina Selatan Secara De Facto

Indonesia berencana untuk menarik unit helikopter tersebut tanpa melakukan penggantian kembali. Pihak Indonesia menyatakan bahwa helikopter – helikopter tersebut masih dibutuhkan untuk serangkaian misi domestik atau misi yang dilakukan di dalam negeri.

Saat ini, MINUSMA tidak lagi memiliki armada unit transportasi militer di daerah Timbuktu dan segera akan kehilangan unit helikopter angkut dan unit helikopter pengintai yang saat ini berada di daerah Gao. Hal ini terjadi akibat Belanda yang awalnya menugaskan helikopter CH-47D Chinook dan AH-64 Apache di daerah Gao, telah meng-konfirmasikan rencana untuk menarik pulang armada helikopter nya pada awal 2017 mendatang.

Baca juga :   Malaysia Akan Terima Unit Ke 4 Pesawat Angkut Airbus A400M

PBB Saat ini sedang mencari negara – negara yang mau untuk mengirimkan helikopter – helikopternya menggantikan peran helikopter – helikopter yang telah dan akan ditarik tersebut. Pembicaraan sedang dilakukan dengan negara Jerman untuk dapat mengirimkan helikopter dan personel nya dalam pasukan MINUSMA. Tidak hanya Jerman, kabarnya Kolombia juga diminta untuk menyumbang kontribusi unit helikopter bagi MINUSMA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here