Wednesday, January 19, 2022
HomeJMSDF Kirim Pesawat Patroli Maritim P1 Bantu Selandia Baru

JMSDF Kirim Pesawat Patroli Maritim P1 Bantu Selandia Baru

HobbyMiliter.com – Pasukan Bela Diri Maritim Jepang atau Japan Maritime Self-Defence Force (JMSDF) telah mengirimkan pesawat patroli maritim Kawasaki P1 ke Selandia Baru.

Tugas dari pesawat patroli maritim tersebut yakni mengadakan penerbangan surveillance diatas area terdampak bencana gempa bumi yang terjadi pada hari Senin waktu setempat. Nantinya, pesawat P1 tersebut akan membantu petugas pemerintah Selandia Baru untuk mengukur tingkat kerusakan yang ditimbulkan, serta meng koordinasikan dan memprioritaskan bantuan apa saja yang harus segera dikirimkan ke area tersebut pasca peristiwa bencana alam gempa bumi dengan magnitudo 7,5 skala Richter yang mengguncang wilayah Selandia Baru pada Senin, 14 november 2016 lalu.

BACA JUGA :  Drone AS Tewaskan 33 Militan ISIS Di Afghanistan Dalam 2 Hari

Kawasaki P1, yang menyandang nama P-X pada masa pengembangan nya, merupakan pesawat patroli maritim bermesin empat yang dikembangkan oleh Kawasaki Heavy Industries. Pesawat ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasukan Bela Diri Maritim Jepang atau Japan Maritime Self-Defence force (JMSDF). Pesawat ini dikembangkan untuk menggantikan peranan pesawat patroli maritim P-3C Orion yang dimiliki oleh JMSDF.

Unit prototype pertama dari pesawat Kawasaki P1 yang diberi nama XP-1 dikeluarkan dari fasilitas pengerjaan Kawasaki Heavy Industries pada bulan Juli 2007. Pesawat tersebut kemudian menjalankan penerbangan perdana nya pada bulan September 2007. Hingga saat ini tercatat ada 33 unit pesawat yang sudah diproduksi dan digunakan oleh JMSDF.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Bagage pod pada F-16D TNI-AU

Penampakan Bagage Pod di F-16D TNI-AU

0
Sangat jarang ada penampakan Bagage Pod yang terpasang di jet fighter kita. Bagage Pod adalah pod yang difungsikan untuk menyimpan tas/barang pribadi pilot dalam suatu penerbangan...

Recent Comments